Model Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran abad 21 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hanida Kurnia Muharam, Purwandari Purwandari, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi hasil dari penerapan model Sains Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran abad 21. Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang berorientasi pada kegiatan untuk melatih keterampilan siswa dengan mengarah pada proses pembelajaran untuk memiliki kecakapan berpikir. Perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 diharuskan relevan dengan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dengan terwujudnya pembelajaran abad 21. Model sains teknologi masyarakat (STM) adalah model pembelajaran aktif yang menghubungkan antara konsep-konsep sains dengan teknologi dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran abad 21 dengan hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata pre-test sebesar 4,8 ke rata-rata post-test 8,2 dari keseluruhan skor 10. Dari uji n-Gain seluruh siswa masuk kedalam kategori sedang dengan skor rata-rata n-Gain sebesar 0,67. Dari hasil uji paired sampel t test menyatakan bahwa adanya perbedaan antara nilai pre-test dan post test.


Keywords


Pembelajaran abad 21; Keterampilan; Model sains teknologi masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, Y., Ismaun, I., Gazali, M., & Fua, J. La. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa di MTsN 1 Konsel. Kulidawa, 1(1), 41. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1809.

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional abab XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan Versi 1.0.

Evariani, Ni Gusti Ayu Made,. Kertih, I W & Haris, I. A. (2017). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm), Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia , 1(1), 38-46.

Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17

Dwipayana, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy siswa. Jurnal Ilmiah PROGRESSIF, 10(30), 29–41. http://www.untag-banyuwangi.ac.id/attachments/article/414/III.

Kartini, N., Adnyana, M., & Swasta, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Maryatmo, P. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Reproduksi Pada Siswa Kelas Ixb Smp Negeri 1 Ngadirojo. Jurnal Inovasi dan Teknologi, 6(2), 213-222.

Rahayuni, G., Nahdatul, U., & Al, U. (2016). 926-2160-5-Pb. 2(2), 131–146.

Simanjuntak, Maria Dewi Ratna. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan.

Smitha, E.T., & Aruna, P. K. (2014). Effect of Science Technology Society Approach on Achievement Motivation in Biology of Secondary School Students of Kasaragod District. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(4), 54-58.

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Wahyono dan Pujiriyanto (2010). Analisis Jalur Terhadap Tingkat Melek Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT Literacy) pada Mahasiswa FIP UNY. Yogyakarta: UNY

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global [The transformation of 21st century education as a demand for human resource development in the global era]. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278.

Wulansari, R. E. (2017). Penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Cara Manusia Dalam Memelihara dan Melestarikan Alam di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas IIIA SDN Kebonsari 04 Jember. Skripsi, Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.