The Use of Based Animation Media in Discovery Learning- Straight-Motion Material: The Impact of Critical Thinking and Student Learning Outcomes

Sando Fransukma, Mukhlis Rohmadi, Hadma Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan berpikir kritis siswa setelah menerima penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerima penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus . Penelitian ini menggunakanmetode pre-experimental dengan rancangan desain “one-group pretest-posttest design” Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X DPIB semester I SMKN 1 Palangkaraya Tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh: (1) Nilai kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus dengan rata-rata siswa mendapatkan nilai 43,77 sebelum mendapatkan perlakuan, kemudian setelah mendapatkan perlakuan rata-rata siswa mendapatkan nilai  61,77 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa (2) nilai tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus dengan rata-rata siswa mendapatkan nilai 52,95 sebelum mendapatkan perlakuan, kemudian setelah mendapatkan perlakuan ratarata siswa mendapatkan nilai 77,86 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil  belajar siswa.


Keywords


Metode Eksperimen, Media Animasi, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Gerak Lurus

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media

pembelajaran fisika mobile learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan

Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Eli, Rohaeni Nur, and Sari Sari. "Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa." JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 3.2

(2018): 135-144.

Rusman. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: ALFABETA. 2013.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model

pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis

dan hasil belajar kimia. Jurnal

Yaumi, Muhammad dkk. Action Research, Teori, Model & Aplikasi. Jakarta: KENCANA.

Kadek Sukiyasa dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil belajar dan

Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. 3(1): 126-137.

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil

belajar IPA siswa slow learner. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

Luar Biasa, 1(2), 140-144.

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis

masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil

belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan

Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.

Sulistyowati, N., Widodo, A. T. W. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas model

pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah

kimia. Chemistry in education, 1(2).

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Yaumi, Muhammad dkk. Action Research, Teori, Model & Aplikasi. Jakarta: KENCANA.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA. 2013.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Supriadi, Gito. Pengantar dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.