Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis Oasis Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa
Abstract
layak untuk dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi elastisitas. Penelitian
dilakukan pada semester 8 dengan jumlah 6 siswa X MB di SMK Gamaliel 1 Madiun.
Penelitian dilakukan dengan model 4D, yang meliputi define (pendefinisian), design
(perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Pengumpulan
data menggunakan soal tes. Hasil validasi kelayakan instrumen menggunakan CVR
dan CVI, sedangkan untuk melihat peningkatannya menggunakan N-Gain. Hasil
validasi CVR dan CVI oleh para ahli sebesar 1 dengan kategori sangat sesuai. Hasil
respon siswa mendapat persentase 80,1% dengan kategori baik. Hasil peningkatan
kreativitas dengan uji N-Gain sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa modul fisika berbasis OASIS dapat meningkatkan kreativitas
siswa di kelas X MB SMK Gamaliel 1 Madiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, S. D., Rismawati, A. Y., & Hudha, M. N. (2017). Pengembanagan Modul
Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal , 36-51.
Assriyanto, K. E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui
Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kreativitas Siswa
Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran
/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) , 3, 91.
Deta, U. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta
Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal
Pendidikan Fisika Indonesia , 9, 32.
Fauziah, N. I. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem
Based Learning untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta
Didik SMA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Festiana, I. (2013). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Listrik
Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal
Inkuiri , 3, 38.
Handhika, J. (2018). Panduan Model Dengan Langkah OASIS Untuk Meningkatkan
Level Konsepsi. Madiun.
Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah untuk peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok
Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 5, 83-89.
Novianto, N. K. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA
BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATERI
FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA
KELAS X SMA/ MA. Jurnal Inkuiri , 7, 82.
Nurlaila, N. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan PBL Menggunakan Problem Solving
Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa. Jurnal Inkuiri , 2, 115.
Prastuti, M. M., Sukarmin, & Aminah, N. S. (2018). Pengembangan Modul Fisika
Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan
Kreativitas Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Pendidikan
IPA , 168-181.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di
Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen (Vol. xii).
Yogyakarta: Deepublish.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1 ed., Vol. xviii). Yogyakarta: Deepublish.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis
Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) , 75-88.
Susilo, F., Sunarno, W., & Suparmi. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model
Jigsaw Dan GI (Group Investigation) Ditinjau Dari Kreativitas Dan Sikap Ilmiah
Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri , 40-48.
Refbacks
- There are currently no refbacks.