Design Of The Inertial Props Using Line Sensor Multirepresentation Based

Farida Nur Anisah, Siska Desy Fatmaryanti, Umi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain alat peraga penentuan momen kelembaman bola pejal dengan sensor garis yang berbasis multirepresentasi. Penelitian ini menggunakan model yang diadopsi dari tahapan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan namun dalam penelitian ini hanya dilakukan dua tahapan, yaitu define dan design. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Pada tahap define ditemukan bahwa kurangnya pemahaman terhadap konsep fisika sehingga perlu media yang dapat melatih kemampuan multirepresentasi . Pada tahap design telah dihasilkan rancangan alat peraga momen kelembaman bola pejal berbasis multirepresentasi dengan sensor garis. Untuk memprogram alat peraga dari desain ini menggunakan mikrokontroler dan aplikasi arduino. Hasil penelitian ini akan dilanjutkan pada tahap develop dan desiminate pada penelitian selanjutnya. 


Keywords


alat peraga, momen kelembaman, multirepresentasi, sensor

Full Text:

PDF

References


David, M. J. Christophe, D. J. Norma, A. J. (2013). “The effect of representations on difficulty perception and learning of the physical concept of pressure”. Themes in science and technology education, 6 (2)

Desy, D., Desnita, D., & Raihanati, R. (2015). Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Gerak Melingkar Untuk Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, Snf2015-II-39–44.

Fatmaryanti, S.D & Sarwanto. (2015). Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK).Retrieved October 11, 2020, from http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/8

Suharjono, A., Rahayu, L. N., dan Afwah, R. (2015). Aplikasi Sensor Flow Water Untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengirman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang. Jurnal TELE,13 ,1.

Sesa, E., Ulum, M. S., & Km, J. S.-H. (2018). Penentu Kecepatan Dan Percepatan Benda Berbasis Mikrokontroler Arduino Pada Percobaan Benda Menggelinding Pada Bidang Miring. Natural Science, 7, 10.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Young, H. D., dan Freedmen, R. A. 2002. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pembelajaran Sains Di Era Revolusi Industri. Jurnal Padegogik : Penelitian Pendidikan Matematika , 2 (02)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.