Apersepsi Pencak Silat pada Materi Gelombang Bunyi untuk Pembelajaran Fisika
Abstract
gelombang bunyi untuk pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di kelas XC2 SMK
PGRI 1 Mejayan dengan metode penelilian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apersepsi
pencak silat pada materi gelombang bunyi untuk pembelajaran fisika dapat digunakan
pada 1) eksperimen, 2) Soal, 3) materi atau sumber belajar sehingga dapat membantu
guru dalam penyampaian materi dalam pembelajaran fisika. Komponen Pencak Silat
yang dapat dikaitkan adalah bunyi yang dihasilkan dari gerakan pencak silat seperti
bunyi hentakan, pukulan, dan teriakkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauziyyah, F. (2012). Hubungan Penerapan Apersepsi Oleh Guru Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMAN 1 Dukupuntang
Kabupaten Cirebon(Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syeikh Nurjati
Cirebon).
Faruq, M. M. (2009). Meningkatkan Kebugaran Jasmani melalui Permainan & olahraga
Pencak Silat . Grasindo .
Handhika, J. (2010) Pembelajaran Fisika Melalui Inkuiri Terbimbing Dengan Metode
Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Aktivitas Dan Perhatian
Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika FPMIPA (JP2F), 1(1), 9-23.
Kamajaya, (2014). Fisika untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas. Bandung : Grafindo
Media Pratama.
Kriswanto, E. S. (2015).Pencak Silat.Yogyakarta:Pustakabarupress.
Lusita, Aprisanti. (2011). Buku Pintar menjadi Guru Kreatif, inspiratif, dan inovatif.
Yogyakarta: Araska.
Mansur. (2015) Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi. Artikel E-Buletin
Edisi Februari 2015.
Novitasari, L. Agustina, P.A. Sukesti, R. Nazri, M.F & Handhika, J. (2017). Fisika,
Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Fisika (SNPF), 81-88, ISSN :2527-6670
Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Palupi, E. W. Yuwono, I. & Muksar, M. Pengembangan Permainan Kotak Barisan Yang
Digunakan Pada Kegiatan Apersepsi Materi Barisan Dan Deret Untuk
Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Kajian Pembelajaran
Matematika, 1(1), 10-16.
Riefmanto, (2015). Kuasai Materi Fisika (Seri Indonesia Cerdas) SMA/MA. Jakarta: PT
Grasindo.
Satria, H. & Handhika, J. (2015). Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Berbasis
Scientific Approach Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi
Termodinamika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika
(SNPF), 6 (1), 179-184.
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung :
Alfabeta.
Wahyuni, S. (2019). Pengembangan E-learningDengan Apersepsi Pencak Silat Pada
Materi Gelombang Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat
Tinggi Dan Minat Belajar(Tesis, Universitas PGRI Madiun).
Wijayanti, W. (2010). Usaha Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika
Siswa SMA Negeri Godean(Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta).
Yuliani, H. Sunarno, W. & Suparmi (2012). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan
Keterampilan Proses Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau
Dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis. http://jurnal.pasca.uns.ac.id, 1(3),
-216.
Refbacks
- There are currently no refbacks.