Penggunaan Media Physics Game Learning Berbasis Android Untuk Siswa SMK

Endah Dwi Styani, Purwandari Purwandari, Andista Candra Yusro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui respon siswa terhadap Physics game learning berbasis android sebagai media pembelajaran fisika. 2) Mengetahui apakah
media pembelajaran Physics game learning berbasis android dapat membantu dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi momentum, impuls dan tumbuakan.
Penelitian ini dilakukan di kelas X Kimia Industri SMK Gula Rajawali Madiun dengan jumlah siswa 11 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
deskriptif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan di dalam peneleitian ini diantaranya ialah wawancara, observasi dan dokumentasi, angket, serta soal pilihan ganda. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan Physics game learning berbasis android sebagai media pembelajaran
fisika memeperoleh respon yang sangat baik dari siswa dengan memperoleh rata- rata penilaian 4,4 dari total skor 5,0 yang masuk pada kategori sangat baik. 2) Penggunaan Physics game learning berbasis android sebagai media pembelajaran fisika dapat membantu siswa dalam mempelajari materi momentum, impuls dan
tumbukan dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pretest sebesar 37,6 menjadi 78,8 saat posttest dengan skor gain ternormalisasi sebesar 0,67 yang masuk pada kategori sedang.

Keywords


Media Pembelajaran; Physics game leraning; Android; Momentum, Impuls, dan Tumbukan.

References


Jannah, S. N., Doyan. A., Harjono. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMK. Jurnal Penelitian

Pendidikan IPA. 2 (1), 8.

Jamun, Y., M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan

Kebudayaan Missi, 10 (1), 5.

Muyaroah, S. & Mega Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6 (2), 3.

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan.

Seminar Nasional Pendidikan Universitas Negeri Malang. 122.

Rahman, A. R. & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 13 (1),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.