Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK

Ratna Intan Ristiani, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu ingin mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada materi alat optik melalui penerapan model pembelajaranproblem posing .Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan design penelitian one group pre-test post-test.Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X T.KR A di SMK Gamaliel 1 Madiun.Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini yaitu menggunakan metode tes. Data analisis menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem posingterhadap hasil belajar, adanya peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan menggunakan model problem posing.

Keywords


Hasil Belajar, Model Problem Posing.

Full Text:

PDF

References


Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan, Vol.1 No.1, 24- 44.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Saat, S. (2015). Fakto-Faktor Determinan dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta'dib, Vol.8 No.2, 1-17.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprihatin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.5 No.1, 84-94.

Yuliningtias, H. P., V. M.,A. W., & Diah (2016). Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. E- Jurnal Mitra Sains, Vol.4 No.2, 62-70.

Afriyanti, Kresnadi, H., & Sugiyono (2019). Pengaruh Model NHT Pada Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.8 No.7, 771-780.

Dini, S. F., Sulistyarini, & Anasi, P.T. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.8 No.7, 847-858.

Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.2 No.2, 21-28.

Fatimah, D., Huriawati, F., & Handhika, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Salking Stick untuk Meningkatkan Hasil belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Jiwan Tahun Ajaran 2015/2016. Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, 46-51.

Monawati, & M. Yamin. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV SDN Lamsayeun. Jurnal Pesona Dasar, Vol.3 No.4, 12-21.

Putri, D. T., & Isnani, G. (2015). Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol.3 No.2, 118- 124.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Vol.1 No.2, 75-105.

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 11 No.2, 115-119.

I.M. Astra, Umiatin, & M.Jannah. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8, 135-143.

Purnomo, A., Kartono, & Widowati. (2015). Model Pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, Vol.4 No.1, 49-55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.