Efektivitas Metode Demonstrasi dan Eksperimen Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Smk Gamaliel 1 Madiun

Riski Himatul Mukharomah, Purwandari Purwandari, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dan metode eksperimen; 2) manakah yang lebih efektif antara metode demonstrasi dan metode eksperimen.Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes untuk mengetahui prestasi belajar.teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menggunakan signifikasinya yaitu 0,05 hal ini menunjukkan bahwa:1) Tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dan metode eksperimen dengan memperoleh signifikasinya adalah0,840>0,05 dan 0,061>0,05. 2)Lebih efektif metode demonstrasi dibandingkan metode eksperimen dengan memperoleh nilai 4,35>3,65.

Keywords


Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


R. M., Purwandari, P., & Sasono, M. (2017, August). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi menggunakan model PBL (problem based learning) ditinjau dari kemampuan berfikir kritis siswa. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 246-251). Nurbilady, N. F., & Suryadi, E. Kompetensi Sosial Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 115-122. Ma'rifatun, D., Martini, K. S., & Utomo, S. B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explaint (Poe) Menggunakan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan LarutanPenyangga Kelas Xi Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 11-16. Purwandari, P., & Yusro, A. C. (2018). Pembelajaran fisika menggunakan inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan proyek ditinjau dari kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Momentum: Physics Education Journal. Rohendi, D. Sutarno, Heri. Ginanjar, Mugi A., 2010, Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK), 3(1), 16-18. tuti, A. D., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Perbedaan Perbedaan Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi Berbantukan PCB Sederhana Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar P. Jupiter (Jurnal Pendidikn Teknik Elektro), 2(2), 7-14.A Sumantri, B. (2010). Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Pgri 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Media Prestasi, 6(3), 117-131.

Suryani, N., & Agung, l. (2012). Stategi Belajar Mengejar. Yogyakata: Penirbit Ombak. Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). Wajdi, B., & Hizbi, T. (2016). Penerapan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Berbasis Observasi Gejala Fisis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 99-110.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.