IbM (IPTEKS BAGI MASYARAKAT) PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT MELALUI MUSHOLA PINTAR DI DESA MOJOPURNO KECAMATAN WUNGU KABUPATEN MADIUN

Arri Kurniawan, Panji Kuncoro Hadi

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari program mushola pintar ini sebagai berikut yaitu 1) membentuk sebuah media dan saranapembentukan kepribadian bagi anak-anak usia sekolah sebagai bentuk pendidikan berbasis masyarakat dan 2) membentuk sebuah media dan sarana peningkatan prestasi belajar bagi anak-anak usia sekolah sebagai bentuk pendidikan berbasis masyarakat. Luaran yang diharapkan dari program ini adalah terbentuknya sebuah Mushola Pintar yang kegiatannya meliputi: 1) terbentuknya Taman Pendidikan Al Quran yang dilaksanakan secara rutin 4 kali seminggu di Mushola Nurul Rohmah mulai jam 15.00 – 16.00 WIB. Staf Pengajar untuk TPA ini berasal dari warga masyarakat, 2) Kelompok Belajar yang memiliki Jadwal Belajar pukul 16.30 – 17.30 WIB. Materi Pembelajaran meliputi semua Pelajaran SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Daerah, dan Bahasa Inggris). Tutor untuk kegiatan ini adalah kolaborasi dosen pengusul dan warga masyarakat, dan 3) ruang baca yang memiliki koleksi buku mencakup semua materi sekolah dasar, pengetahuan umum, dan pengetahuan agama Islam dengan Pengelola yakni Takmir Mushola.

Keywords


Pendidikan Berbasis Masyarakat, Mushola Pintar

Full Text:

PDF

References


Sihombing, Umberto. 2001. Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat” dalam Fasli Jalal dan Dedi Supriadi (Eds.), Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Cet. I; Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.