PEMBUATAN PROBIOTIK DARI BONGGOL PISANG UNTUK APLIKASI PADA KOLAM LELE BIOFLOG DI PETANI LELE MAKMUR DESA SIDOHARJO, KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN

Muh. Waskito Ardhi, Pujiati Pujiati, Mislan Sasono

Abstract


Ketahanan ikan lele terhadap berbagai penyakit diantaranya cacar dan luka kulit, sungut keriting dan putus, insang merah/hitam, sirip geripis, perut buncit dan merah, hilang keseimbangan, jamur, dan bau kolam mengakibatkan produktivitas panen ikan lele tidak maksimal. Peningkatan pakan lele yang terus meningkat tidak bisa dihindari sehingga mengakibatkan biaya pakan semakin tinggi. Keadaan-keadaan tersebut tidak dibarengi dengan produktivitas yang tinggi dari hasil panen lele sehingga menyebabkan para petani lele Makmur desa Sidoharjo mengalami kerugian. Masalah-masalah diatas mendorong peneliti untuk melakukan penerapan ipteks bagi masyarakat. Tujuan dan target luaran IbM adalah; (1) mengurangi kegagalan dalam budidaya ikan lele; (2) penyuluhan probiotik; (3) pembuatan probiotik dari bonggol pisang; (4) mengurangi polusi air dan bau pada limbah air kolam lele. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan, workshop pembuatan probiotik dan aplikasi langsung pada kolam bioflog sebagai percontohan bagi petani lele di Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Pengabdian dilaksanakan selama 2 bulan dengan rencana kegiatan dan prosedur kerja sebagai berikut; (1) penyuluhan cara menghadapi permasalahan-permasalahan dalam budidaya ikan lele (2) workshop pembutan probiotik (3) aplikasi probiotik pada kolam ikan lele bioflog. Hasil dari pengabdian ini adalah petani dapat membuat probiotik dari bonggol pisangdan menggandakannya. Penggunaan probiotik dapat mengurangi jumlah kematian dari 40-50% menjadi 20-30%, dapat mengurangi konsumsi pakan, ikan lele lebih gesit dan sehat, produktivitas petani lele meningkat.

Keywords


Probiotik; Bioflog; Bonggol Pisang

Full Text:

PDF

References


Amiri, M. S. dan Yousefian M. (2009). A Review of The Use Of Prebiotic In Aquaculture for Fish and Shrimp. African Journal Of Biotechnology Vol. 8 (25), pp. 7313-7318.

Irianto, A. (2003). Probiotik Akuakultur. Gajahmada University Press. Yogyakarta.

________. (2007). Potensi Mikroorganisme: Di atas Langit ada langit. Ringkasan orasi ilmiah Fakultas Biologi Universitas Jendral Soedirman. Tanggal 12 Mei.

Dhingra, M.M. (1993). Probiotic In Poultry Diet Livestock Production and Management. Sania Enterprises Indore. 452001, India

Zhizong, Q., Z. Xiao-Hua, N. Boon and P. Bossier. (2009). Probiotics In Aquaculture Of China- Current State, Problems And Prospect. Aquaculture 290:15-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.