ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 1 NGLURUP KABUPATEN PONOROGO
Abstract
data collection (pengumpulan data), data reductions (reduksi data), data display (penyajian data), conclusions (penarikan kesimpulan). Subyek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas V SDN 1 Nglurup. Hasil yang diperoleh menunjukkan, bahwa siswa kelas V SDN 1 Nglurup Kabupaten Ponorogo cenderung pada salah satu gaya belajar diantara Visual, Auditorial, atau Kinestetik dengan rincian dari 20 siswa, terdapat siswa yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 55% atau 11 siswa dengan kecenderungan sebesar 79,5% pada gaya belajarnya, selanjutnya terdapat siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditorial sejumlah 25% atau 5 orang siswa dengan kecenderungan 74% pada gaya belajarnya, selanjutnya siswa yang menonjol pada gaya belajar kinetetik sejumlah 20% atau 4 orang siswa dengan kecenderungan 72,5% pada gaya belajarnya.Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa gaya belajar siswa di kelas V SDN 1 Nglurup Kabupaten Ponorogo berbeda-beda dengan gaya belajar siswa yang paling banyak adalah visual, kemudian auditorial dan paling sedikit adalah gaya belajar kinestetik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adami, Z., Affan, M. H., & Hajidin. (2017). Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,2 (2), 135-140.(https://www.neliti.com)Diunduh pada 18 April 2018
Dirman, & Juarsih, C. (2014). Karakteristik Peserta Didik.Jakarta: Rineka Cipta.
Geiger, M. A., & Boyle, E. J. Learning Styles of Students and Instructiors: An Analysis Course Performance and Satisfaction. Accounting Educator's Journal, IV (2).(https://pdfs.semanticscholar.org)Diunduh pada 18 April 2018
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Gaya Belajar, Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikasi dalam proses pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 1 (1), 56-63. https://ejournal.undip.ac.id) Diunduh pada 18 April 2018
Priyana, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak ! Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung, Jawa Barat, Majalengka: Nusa Media.
Ramadani, R., Mustamin, S. H., & Idris, R. (2017). Hubungan antara Kreativitas Guru dan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran .(http://journal.uinalauddin.ac.id) Diunduh pada 18 April 2018
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1 (1).(http://portalgaruda.org) Diunduh pada 18 April 2018
Ula, S. S. (2013). Revolusi Belajar : Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.