IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS SISWA KELAS 6 SD
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui implementasi multimedia interaktif berbasis
karakter pada pembelajaran menulis siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Jenis dari penelitian ini yaitu deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 6 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik analisis data interaktif, dengan tiga tahapan yaitu (a) reduksi data, (b) penyajian
data, dan (c) penarikan kesimpulan. Implementasi multimedia interaktif berbasis karakter pada
pembelajaran menulis siswa kelas 6 SD ini diterapkan dalam tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi. Perencaan pembelajaran dituangkan dalam RPP dan dilaksanakan sesuai dengan RPP yang
telah disusun. Berdasarkan hasil dari menulis yang telah diberikan, hasil menulis siswa sudah cukup baik.
Hal tersebut terlihat pada nilai rata-rata menulis sebesar 76,7% dari 9 siswa. Siswa yang mendapatkan nilai
tuntas sebesar 66,7%, sedangkan siswa yang belum mendapatkan nilai tuntas sebesar 33,3%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan
Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dawud. (2008). Perspektif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: UM Pres
Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Perspekstif Islam. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Miles Matthew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Nurjamal, Daeng dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta
Saddhono, Kundharu dan Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung:
Karya Putra Darwati.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka.
Widyaningrum, H. K. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal
Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 89-96.
Wiyono, Bambang & Burhanuddin. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitif, Kualitatif,
dan Action Research). Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.