INTERNALISASI NILAI RELIGIUS DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK
Abstract
Prokrastinasi akademik hampir selalu dilakukan oleh siswa maupun Mahasiswa, tidak terkecuali
pada mahasiswa tingkat akhir yag sedang menyusun skripsi. Prokrastinasi akademik dapat berdampak
negetaif, seperti pada menurunnya capaian prestasi akademik mahasiswa. Salah satu faktor penyebab
mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik adalah tingat religiusitas. Sehingga religiusitas bisa
dijadikan alternative intervensi dalam menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa. Strategi
internalisasi nilai religiusitas dapat melalui layanan konseling Islami. Temuan penelitian (Kadafi,
Rahmatus, & Komsiya, 2018) menunjukan konseling Islami efektif untuk menurunkan prokrastinasi
akademik Mahasiswa BK Universitas PGRI Madiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbasi, I. S., & Alghamdi, N. G. (2015). The Prevalence, Predictors, Causes, Treatment, and
Implications of Procrastination Behaviors in General, Academic, and Work Setting. International
Journal of Psychological Studies. https://doi.org/10.5539/ijps.v7n1p59
Al-Quran. (2015). Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.
Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2011). Model pembelajaran regulasi diri untuk menurunkan
prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Wacana. https://doi.org/10.1093/her/17.3.327
Azima, M. F. N. T., & Gusniarti, U. (2016). . “Pengaruh Pelatihan Shalat untuk Menurunkan
Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa.” JIP: Jurnal Intervensi Psikologi 8.1.
Aziz, A., & Rahardjo, P. (2013). Faktor-faktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir
yang menyusun skripsi di universitas muhammadiyah purwokerto tahun akademik 2011/2012.
Psycho Idea. https://doi.org/10.3917/dev.123.0215
Díaz-Morales, J. F., Ferrari, J. R., Díaz, K., & Argumedo, D. (2006). Factorial structure of three
procrastination scales with a Spanish adult population. European Journal of Psychological
Assessment. https://doi.org/10.1027/1015-5759.22.2.132
Ferrari, J. R., & Díaz-Morales, J. F. (2007). Procrastination: Different time orientations reflect different
motives. Journal of Research in Personality. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2006.06.006
Ferrari, J. R., Harriott, J. S., & Zimmerman, M. (1998). The social support networks of procrastinators:
Friends or family in times of trouble? Personality and Individual Differences.
https://doi.org/10.1016/S0191-8869(98)00141-X
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination Research. In Procrastination
and Task Avoidance. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0227-6_2
Hayyinah. (2004). Religiusitas dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikologika.
Jannah, M. (2014). PROKRASTINASI AKADEMIK (PERILAKU PENUNDAAN AKADEMIK)
MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA.
Jurnal BK UNESA.
Kadafi, A., Rahmatus, R., & Komsiya, N. (2018). Efektifitas Konseling Islami untuk Menurunkan
Prokrastinasi Akademik Mahasiswa BK Universitas PGRI Madiun. Universitas PGRI Madiun.
Lee, E. (2005). The relationship of motivation and flow experience to academic procrastination in
university students. Journal of Genetic Psychology. https://doi.org/10.3200/GNTP.166.1.5-15
Mandel, H. P. (2004). Constructive confrontation: Cognitive-behavioral therapy with one type of
procrastinating underachiever. In Counseling the procrastinator in academic settings.
https://doi.org/10.1037/10808-009
Özer, B. U., Demir, A., & Ferrari, J. R. (2009). Exploring academic procrastination among turkish
students: Possible gender differences in prevalence and reasons. Journal of Social Psychology.
https://doi.org/10.3200/SOCP.149.2.241-257
Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa.
Pendidikan Manajemen Perkantoran.
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1988). Procrastination assessment scale–students. In Dictionary of
Behavioral Assessment Techniques. https://doi.org/10.1037/t09250-000
Susanti, E., & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan konformitas dengan
prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi UNESA. Character.
Tibbett, T. P., & Ferrari, J. R. (2015). The portrait of the procrastinator: Risk factors and results of an
indecisive personality. Personality and Individual Differences.
https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.03.014
Uzun Ozer, B., Demir, A., & Ferrari, J. R. (2013). Reducing Academic Procrastination Through a Group
Treatment Program: A Pilot Study. Journal of Rational - Emotive and Cognitive - Behavior
Therapy. https://doi.org/10.1007/s10942-013-0165-0
Refbacks
- There are currently no refbacks.