MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (K-13) BERBASIS KARAKTER DAN BERWAWASAN BUDAYA LOKAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Prototipe model pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Karakter dan Budaya Lokal yang sudah dirancang diuji efektifitasnya melalui ujicoba terbatas. Hasil ujicoba terbatas menunjukkan bahwa sebelum diberlakukan model tersebut nilai rata-rata pre test siswa adalah 68,80 dan ada treatmen nilai rata rata yang didapat siswa melalui post test adalah 72,66, kemudian nilai t hitung – 11,106 lebih kecil dari t tabel. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas dalam hal ini adalah model pembelajaran berbasis karakter dan budaya lokal berpengaruh negatif terhadap variabel ikat. Hal ini bisa dikarenakan distribusi data yang tidak konsisten. Namun ditinjau dari derajat signifikan yang didapat 0,000 < 0,050 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini cukup efektif untuk pengajaran Bahasa Inggris dikelas.
Full Text:
PDFReferences
Borg , WR.& M.D Gall. (2003) Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman
Padmawati dkk. (2009). Model Konseptual Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar di Bali. E journal.undiksa ac.id diakses 23 Oktober 2016.
Sugiyono, (2012) Metode Penelitian Kombinasi, Bandung, Alfabheta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.