PENGARUH AUTHENTIC MATERIAL DALAM KELAS SPEAKING

Erlik Widiyani Styati, Vita Vendityaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui pengaruh Authentic Material dalam kelas Speaking pada Mahasiswa semester IV Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester IV di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun. Pada semester ini, mahasiswa mendapat mata kuliah Speaking. Jumlah kelas pada semester ini ada 3. Peneliti menggunakan 1 kelas sebagai sampel penelitian dengan harapan sampel tersebut cukup reprensentatif untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test. Penelitian ini dilakukan selama satu tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh authentic material dalam kelas speaking sangat efektif membantu mahasiswa dalam menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Indikator yang dibuat dalam penelitian ini berhasil. Banyak mahasiswa yang sangat terbantu dengan pengajaran menggunakan authentic material karena mereka dapat mengekspresikan dengan bahasa Inggris dengan efektif. Penguasaan mereka dalam menyaksikan contoh sangat berpengaruh terhadap berbicara mereka.

Keywords


berbicara; authentic material

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices. San Francisco: Addison Wesley Longman Inc.

Fegerson, Laraine and Nickerson, Marie-Louse. 1992. All in One. New Jersey: Marie-Louse Prentice Hall.

Henry Guntur Tarigan. 1994. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Larsen, Diane, and Freeman. 2003. Technique and Principles in Language Teaching. Canada: Oxford American English

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Martinez, A. (2002). Authentic materials: An overview. Karen’s Linguistic Issues.

Retrieved October 25, 2006 from http://www3.telus.net/linguisticsissues/authenticmaterials.html

Miller, M. (2005). Improving aural comprehension skills in EFL, using authentic materials: an experiment with university students in Nigata, Japan. Unpublished master’s thesis, University of Surrey, Australia.

Nunan, David 2003. Practical English Language Teaching. Singapore: Mc Graw Hill.

Shahomy, E. 2001. The Power of Tests: A Critical Perspective on the Uses of Language Tests. London: Pearson.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga.

Tan, Hedda. 2009. What is Writing and Why is There a Need to Learn It? diakses dari http://www.heddatan.com/a-definition-of-writing.html. pada 15 Desember 2012

Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.