PENGGUNAAN GRAPHIC ORGANIZER (GO) DALAM TELAAH KEMAMPUAN MEMBACA MAHASISWA SEMESTER II IKIP PGRI MADIUN

Brigitta Septarini Rahmasari, Rengganis Siwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penggunaan Grafik Organizer (GO) dalam kelas Membaca Mahasiswa semester II IKIP PGRI Madiun, (2) Dampak positif dari penggunaan Grafik Organizer (GO) terhadap kemampuan membaca mahasiswa, (3) Kendala-kendala saat penggunaan Grafik Organizer (GO) di dalam kelas. Penelitian ini akan dilakukan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa semester II. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi grafik organizer terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir. Dampak postif dari implementasi grafik organizer adalah (1) strategi grafik organizer dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa (2) Strategi grafik organizer dapat meningkatkan suasana kelas, Sementara itu, Kendala-kendala yang dihadapi adalah keaktifan mahasiswa kurang maksimal, diskusi kelompok berjalan kurang efektif, mahasiswa kurang serius dan kurang konsentrasi, tidak semua jenis teks cocok digunakan dalam strategi ini.

Keywords


Grafik Organizer; Kemampuan Membaca; Strategi Membaca

Full Text:

PDF

References


Alverman, D.E. 2003. The compensatory effect of graphic organizer on descriptive texts. The journal of Educational Research, 75 (1) 44-48

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Grabe, W & Stoller. 2001. Reading for academic purposes. Boston, MA: Heinle&Heinle

Mede, E. 2010. The effects of Instructions of graphic organizer in terms of students’ attitudes towards reading in English. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2, 322-325

Merkley, D.M.&Jeffreis. 2000. Guidelines for implementing a graphic organizer.

The reading teacher, 54 (4), 350-357

North Central Regional Educational Laboratory. Graphic Organizer. Retrieved February 9, 2012 from http://www.ncrel.org/sdrs/areas/issues/students/learning

Resmini, Novi, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : UPI PRESS.

Robinson, D.H. &Kiewa, K.A. 1995. Visual argument: Graphic organizers are superior to outlines in improving learning from text. Journal of Educational Psychology, 87 (3), 455-467

Subana, M & Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung : Pustaka Setia.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi.2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tierney, Robert J., John E. Readence., dan Ernest K. Ristner. 2008. Reading Strategies and Practice A Compedium. Boston: Allyh and Bacon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.