EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA MENULIS MAHASISWA IKIP PGRI MADIUN

Eni Winarsih, Rahayu Sulistyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui efektivitas penerapan pendekatan saintifik untuk menumbuhkan budaya menulis pada mahasiswa IKIP PGRI Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan (action research) merupakan tindakan yang menekankan kepada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide ke dalam praktik atau situasi nyata dalam skala mikro, yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Tindakan yang akan dilakukan yaitu menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran MKU Bahasa Indonesia pada mahasiswa IKIP PGRI Madiun. Hasil penelitian ini: (1) budaya menulis di kalangan mahasiswa IKIP PGRI Madiun sangat perlu ditingkatkan dengan terintegrasi dalam mata kuliah agar karya tulis mahasiswa yang terpublikasi meningkat;(2)penerapan pendekatan saintifik dalam MKU Bahasa Indonesia dilakukan dengan penelitian tindakan kelas di Prodi PTE 2A dan AKT 2A dengan 3 siklus penelitian masing-masing siklus 2 pertemuan; (3) pendekatan saintifik pada MKU Bahasa Inodonesia dapat meningkatkan produktivitas karya tulis mahasiswa yang dipublikasikan setelah melalui 3 siklus tindakan

Keywords


pendekatan saintifik; budaya menulis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharto, Teguh V. 2015. Pengantar Teori Belajar-Pembelajaran Berbasis Pengalaman. Salatiga: Widyasari Press.

Subyakto, Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.