PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SITUS SEJARAH LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH

Yudi Hartono, Anjar Mukti Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis situs sejarah lokal untuk di Sekolah Menengah Atas Kota Madiun dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur atau langkah penelitian dan pengembangan merujuk pada siklus R & D dari Borg dan Gall (1983:775). Penelitian dilakukan selama dua tahun. Hasil penelitian mengidentifikasi materi pembelajaran sejarah lokal yang masih terpancang pada buku teks, metode yang digunakan, pembelajaran masih lebih banyak di dalam kelas, kurangnya dukungan dari sekolah untuk pembelajaran di luar kelas, keterbatasan waktu jam pelajaran, perencanaan dan pelaksanaan yang kurang matang dan terkoordinasi dalam melaksanakan pembelajaran di luar kelas sehingga kurang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran sejarah dan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah. Berdasarkan pengumpulan informasi dan identifikasi masalah yang ditemukan, maka disusun model pembelajaran berbasis situs sejarah lokal di Sekolah Menengah Atas di Kota Madiun. Pengembangan model pembelajaran mengacu pada desain pembelajaran Dick, Carey & Carey (2009). Melalui serangkaian uji coba, penerapan model pembelajaran sejarah berbasis situs sejarah lokal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang ditunjukkan pada interaktivitas antarsiswa, guru-siswa, serta hasil evaluasi belajar yang cukup tinggi.

Keywords


Model Pembelajaran; Sejarah Lokal; Situs

Full Text:

PDF

References


Achmad Ali. 2004. Merangkul Cahaya Menata Mutiara Madiun. Madiun: Pemerintah Kota Madiun.

Agus Wibowo. 2010. Pentingnya Narasi Sejarah Lokal, dalam Harian Umum SOLOPOS Edisi Senin, 18 Januari 2010.

Charles, Anderson David. 2003. Peristiwa Madiun 1948. Yogyakarta: Media Pressindo.

Garraghan, Gilbert J. 1957. A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press.

Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Isjoni . 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung : Alfabeta.

Joyce, Bruce, Marsha Weil, & Emily Calhoun. 2011. Model-model Pembelajaran. Edisi Kedelapan. Terjemah Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuntowijoyo. 1994. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Pemkab Madiun. 1980. Sejarah Madiun. Madiun: Pemerintah Kabupaten Madiun

Sartono Kartodirdjo. “Suatu Tinjauan Fenomenologis tentang Folklore Jawa”, dalam Soedarsono, ed.1986. Kesenian, Bahasa, dan Folklore Jawa. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soe Hok Gie. 1999. Orang-orang di Persimpangan Kiri Jalan. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Suratmin. 2012. Kronik Peristiwa Madiun PKI 1948. Yogyakarta: Mata Padi Presindo.

Taufik Abdullah. 1990. Sejarah Lokal di Indonesia. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

Tim. 2003. Sejarah Berdirinya Kota Madiun. Madiun: Panitia Penelitian Hari Jadi Kota Madiun.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasi-Nya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.