PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS SASTRA BERBASIS LINGKUNGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA IKIP PGRI MADIUN

Agung Nasrulloh Saputro, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan, kualitas, dan implementasi buku ajar menulis sastra dengan karakter berbasis lingkungan pada mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI MADIUN. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model tahapan Borg dan Gall. Tahapan tersebut terdiri atas sepuluh tahap pengembangan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahap pengembangan format produksi awal, tahap uji coba awal, tahap revisi produk, tahap uji coba lapangan, tahap revisi produk, tahap uji lapangan, tahap revisi produk akhir, dan desiminasi dan implementasi. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia semester 4 IKIP PGRI MADIUN. Hasil proses pengembangan buku ajar ditunjukkan pada tahap-tahap sebagai berikut. Validasi buku ajar dinilai oleh dua validator, hasil validasi menunjukkan bahwa buku ajar termasuk dalam kategori baik karena persentase ≥ 75%. Kualitas buku ajar menulis sastra dengan karakter berbasis lingkungan berdasarkan penilaian validator menyebutkan bahwa buku ajar tersebut termasuk dalam kategori berkualitas karena persentasenya ≥ 61%. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar menulis sastra dengan karakter berbasis lingkungan layak digunakan sebagai buku ajar menulis cerpen dan puisi pada mahasiswa PBSI semester 4.

Keywords


Pengembangan; Menulis Sastra; Karakter Berbasis Lingkungan; Kualitas; Implementasi

Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R dan Gall, Meredith D. 1983. Educational Research, Fourth Edition. Longman Inc.

Borich, H.T., 1994. Observation Skill for Effective Teaching. New York: Mc Millan Publishing Company.

Burhan Nurgiyantoro. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Doni A Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Henry Guntur Tarigan. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Jerrold. E. Kemp. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: ITB

M. Furkon Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Kadipura Surakarta: Yuma Pustaka

Punaji Setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sabarti Akhadiah. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung: ALFABETA.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineke Cipta

Yahya Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berorientasi pada pembentukan kreativitas. Yogyakarta: Pelangi Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.