PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL ALJABAR LINIER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA

Restu Lusiana, Reza Kusuma Setyansah

Abstract


Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, telah dihasilkan perangkat pembelajaran pada mata kuliah aljabar linier yang terdiri dari SAP, LKM, dan THB, sehingga peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan tepat untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami dan menpelajari materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan mengembangkan media tutorial untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan Gall & Borg yang dibatasi menjadi delapan langkah, yaitu: 1) Identifikasi kebutuhan, 2) Desain produk, 3) Validasi desain, 4) Revisi desain, 5) Pengembangan produk awal, 6) Uji coba produk awal, 7) Revisi produk, dan 8) Uji coba lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Madiun Semester V. Instrumen penelitian dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket evaluasi media, angket respon mahasiswa, dan tes evaluasi. Dari rangkaian penelitian dan pengembangan tersebut akan dihasilkan media tutorial Aljabar Linier dalam bentuk Compact Disk (CD). Penelitian ini menghasilkan media tutorial Aljabar Linier khususnya materi Sistem Persamaan Linier.Media tutorial yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif, sehingga layak untuk digunakan.

Keywords


Media Tutorial; Aljabar Linier; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Pertama. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: Rajawali Press

Munir. 2010. Gerbang TIK Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, Penerbit: UPI Press.

Ratnaningsih, N. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. UPI Bandung : Tidak Dipublikasikan.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R &D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT. Pustaka Insan Madani

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widyastuti, S.H dan Nurhidayati. 2010. Pengembangan media pembelajaran bahasa jawa. Yogyakarta : UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.