PENGEMBANGAN BUKU AJAR ALJABAR LINEAR UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY-INQUIRY

Swasti Maharani, Tri Andari

Abstract


Mata kuliah Aljabar Linear merupakan mata kuliah prasyarat untuk beberapa mata kuliah yang lain. Oleh sebab itu materi-materi yang ada dalam mata kuliah ini harus dipahami oleh mahasiswa. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pada mata kuliah Aljabar Linear. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan buku ajar Aljabar Linear berbasis model Discovery-Inquiry.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan Gall & Borg. Pengumpulan data melalui angket dan tes. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku ajar berbasis model Discovery-Inquiry pada mata kuliah Aljabar Linear. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku ajar berbasis model Discovery-Inquiry termasuk dalam kategori valid. Respon siswa terhadap buku ajar berbasis model Discovery-Inquiry positif sehingga buku ajar dapat dikategorikan praktis. Penggunaan buku ajar juga telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa buku ajar Aljabar Linier berbasis model Discovery-Inquiry layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Keywords


Buku Ajar; Aljabar Linear; Discovery-Inquiry

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fitriah, Y. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar intuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. (Online), (http://eprints.uny.ac.id, Diunduh tanggal 15 Maret 2016)

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Swasti Maharani. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation

(GI) dan Think Pair Share (TPS) pada Materi SPL ditinjau dari Sikap Mahasiswa terhadap Matematika. (Vol 2. No. 2 tahun 2014). http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/jipm/

article/view/477

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.Suharna, Hery. 2012. Berpikir Reflektif (Reflective Thinking ) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemahaman Masalah Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.ISBN : 978-979-16353-8-7

Tri Andari, Restu Lusiana. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Learning Berbasis Needs Assesment pada Materi Ruang-n Euclides. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), vol. 3, no. 1 Agust 2014). http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/node/1335

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Grasindo, 2004)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.