PEMANFAATAN MEDIA BIG BOOK WRITING BERBASIS CULTURE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR

Dian Permata Kusuma Dayu, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Menulismerupakansalahsatukegiatanpembelajaranyang pentingbagisiswa. Dengan menulis, siswa dapat menuangkan ide, pikiran, dan perasaan untuk memberikan informasi kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Dengan menulis, siswa dapat menumbuhkan kreativitasnya. Tapi Pada kenyataannya dilapangan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis. Masih banyak siswa yang mengeluh dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran menulis. Melihat dari masalah diatas maka terdapat suatu solusi untuk menumbuhkan minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis. Media Big Book Writing Berbasis Culture Learning merupakan salah satu media yang dapat merangsang siswa untuk menulis. Media ini berupa sebuah buku yang berbentuk buku pop up, di mana di dalamnya terdapat gambar tiga dimensi dan timbul, sehingga buku ini terlihat seperti nyata. Hal itu diharapkan mampu untuk membantu siswa SD yang tahap berpikirnya masih pada tahap operasional konkrit. Buku yang berbentuk pop up ini akan diberi gambar dan warna yang didesain cantik agar bisa membangkitkan minat menulis siswa, sehingga keterampilan menulis siswa meningkat. Buku ini berukuran besar yaitu A3, sehingga memudahkan siswa dalam membaca dan mempelajari buku tersebut. Konten dalam buku ini, memuat budaya-budaya lokal untuk membangkitkan rasa cinta siswa terhadap budaya lokal.

Keywords


Media Bigbook; Culture Learning dan Keterampilan menulis

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, dkk. 2006. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah, Chaedar. 2007. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Arsyad, Azhar.2009.Media Pembelajaran. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar.2011.Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Doyin,MukhdanWagiran.2009.Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UPT Unnes PRESS.

Fitriani, Ika dan Bambang Yudi Cahyono. 2012. The Effectiveness of Implementing Big Book and Narrative-Scaffold on the Students’ Achievement in Writing Narrative Texts. Jurnal Universitas Negeri Malang (Vol. 1 Nomor 1). Hlm.1-13

Suyanto, Kasihani K.E.2007.English for Young Leraners. Jakarta: PTBumi Aksara.

Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan bahan pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Malang: FIP UM

Nambiar, Mohana. (1993). Early Reading Instruction-Big Books in the ESL Classroom. Jurnal The English Teacher (Vol XXII). Hlm. 1-7.

Prasetyo, Sigit. 2007. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Semarang: Unnes.

Sadiman, Arif. 2009.Media Pendidikan, Pengertian, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan.Jakarta; Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.