PENGARUH PAIR WORK TERHADAP KUALITAS MENULIS DALAM PARAGRAPH WRITING

Vita Vendityaningtyas, Erlik Widiyani Styati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pair work dan menulis secara individu terhadap kualitas menulis dalam Paragraph Writing pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester II IKIP PGRI Madiun. Target khusus dari penelitian ini adalah mengetahui kemahiran mahasiswa dalam menulis dengan pair work dan menulis individu dalam paragraph writing dengan menggunakan bahasa Inggris yang diukur dari beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh mahasiswa dalam menulis paragraf, yaitu; (1) menulis ide pokok; (2) menulis kalimat pendukung atau mendiskripkannya isi paragraf; dan (3) menulis kalimat penutup. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester II di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun. Pada semester ini, mahasiswa mendapat mata kuliah paragraph writing. Jumlah kelas pada semester ini ada 2 kelas. Peneliti menggunakan 2 kelas sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah experimental dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pair work terhadap kualitas menulis mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengambil hasil menulis mahasiswa dengan pair work dan individu. Analisa data dilakukan dengan menggunakan t-test. Penelitian ini dilakukan selama satu tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kualitas tulisan siswa dengan menggunakan pair work di dalam kelas. Para siswa yang menulis dengan menggunakan pair work memiliki kualitas menulis lebih baik daripada siswa yang menulis tanpa menggunakan pair work. Pair work menunjukkan membantu siswa menghasilkan tulisan yang lebih baik.

Keywords


menulis; pair work

Full Text:

PDF

References


Abdullahzadeh, S. & Kashani, A.F.2011. The Effect of Task Complexcity on EFL Learners’ Narrative Writing Task Performance. Journal of English Language Teaching and Learning. Autumn & winter.

Alshumaimeri, Y.2011.The effects of wikis on foreign language students writing Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28,755 – 763

Brown, H. Douglas. 2003. Language Assessment Principles and Classroom Practices. San Francisco: Addison Wesley Longman Inc.

Daboe, A.F. 2012. Collaborative writing tasks in the L2 classroom: Comparing group, pair, and individual work. Journal of Second Language Writing 21 (2012) 40–58

Fegerson, Laraine and Nickerson, Marie-Louse. 1992. All in One. New Jersey: Marie-Louse Prentice Hall.

Nunan, David. 2003. Practical English Language Teaching. Singapore: Mc Graw Hill.

Oshima, Alice. & Ann, Hogue. 1998. Writing Academic English, 3rd Ed. New York: Addison Wesley Longman

Shehadeh, A. 2011. Effects and student perceptions of collaborative writing in L2. Journal of Second Language Writing No. 20, 286–305

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga.

Storch, N. 2005. Collaborative writing: product, process, and students’ reflections. Journal of Second Language Writing, 14, 153–73.

Wigglesworth, G. & Storch, N. 2009. Pair Versus Individual Writing: Effects on Fluency, Complexity and Accuracy. Language Testing. Vol. 26 (3) 445–466. DOI:10.1177/0265532209104670

Zahibi, R. & Rezazadeh, M. 2013. Creativity and Narrative Writing in L2 Classroom: Comparing Individual and Paired task Performance. Bellaterra Journal of Teaching and Learning Language and Literature, Vo.6(3), 29-46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.