ANALISIS KUALITAS MODUL PEMBELAJARAN MIKRO BERBASIS MORAL INTELLIGENCE DENGAN PENDEKATAN INSTRUCTION

Sumani Sumani, Samsul Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kualitas modul pembelajaran mikro berbasis moral intelligence dengan pendekatan instruction untuk mahasiswa calon guru. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain one-shot case study, dengan subjek dosen pengampu dan mahasiswa kelas microteaching IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015-2016. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, dan interview, kemudian dianalisis dengan menggunakan Model Analisis Interkatif (Miles, Huberman & Saldana, 2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran mikro yang dikembangkan telah memuat materi yang mencakup kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian yang diperlukan mahasiswa. Selain itu, modul yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria dari keseluruhan aspek sebuah modul.

Keywords


Modul Pembelajaran Mikro; Instructional Approach; Moral Intelligence

Full Text:

PDF

References


Allen, D.W. & Wang, W. P. (1996), Micro-teaching. Beijing: Hsin Hua Publishers.

Baytekin, Ç. (2004). Öğrenme Öğretme Teknikleri ve Materyal Gelistirme (Learning Teaching Techniques and Material Development). Anka-ra: Anı Yayıncılık

Dick, W. & Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction: Third Edition. New York: Harper Collins Publishers

Glickman, C. (1991). “Pretending Not to Know What We Know”. Educational Leadership, 48, 4-10

Hamalik, U. (2009). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompe-tensi. Jakarta: Bumi aksara.

Irawan, P. (1997). Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Miles, Huberman and Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: SAGE Publications, Inc.

Palmer, A.P. (2003). 50 Pemikir Pendidikan: Dari Piaget Sampai Masa Sekarang. Yogyakarta: Jendela.

Rosyidah, A. (2011). Urgensi Micro Teaching sebagai Upaya Mening-katkan Kompetensi Guru Peserta Diklat Guru Mata Pelajaran Bahasa. Surabaya: Balai Diklat Keagamaan.

Saskatchewan. (1991). Instructional Ap-proaches: A Framework for Pro-fessional Practice. Regina:Saskatchewan Education.

Saud, U.S. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.

Siddiq, M. J. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS.

Sutrisno, J. (2008). Tehnik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, DEPDIKNAS

Usman, U. (2003). Menjadi Guru Profesi-onal. Bandung: Rosdakarya.

Yin, Robert K. (2011). Qualitative Research from Start to Finish. New York: The Guilford Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.