POTENSI E-PORTOFOLIO SEBAGAI ASESMEN ALTERNATIF DI PERGURUAN TINGGI

Marheny Lukitasari, Jeffry Handhika, Wasilatul Murtafiah

Abstract


Ketika teknologi bergerak dengan cepat, penggunaan e-portofolio menjadi satu solusi yang dapat diterapkan beriringan dengan proses pembelajaran untuk membantu dosen dan mahasiswa. Dalam penerapannya sebagai asesmen alternatif e-portofolio memberikan banyak dampak positif dan manfaat. Artikel ini menggambarkan potensi e-portofolio yang dapat dipergunakan sebagai asesmen autentik dengan memperhatikan seluruh proses pembelajaran yang dilaksanakan. Meskipun demikian, dalam penerapannya masih terdapat hambatan yang perlu diperhatikan terkait sarana prasarana pendukung, personil yang menjalankan serta motivasi pengguna.

Keywords


e-portofolio; asesmen alternatif

Full Text:

PDF

References


Ahn. 2004. Electronic Portfolios: Blending Technology, Accountability & Asessment. T H E Journal. 31 (9); 97-101.

Barrett, H.C. 2000. Create Your Own Electronic Portfolio:Using Off-the-Shelf Software to Showcase Your Own or Student Work. Learning & Leading with Technology, 27(7);15-21.

Chantanarungpak, K. 2015. Using e-Portfolio on Social Media. Procedia-Social and Behavioral Science. 186; 1275-1281.

Huang,J.J.S., Yang, S.J.H., and Chang,M.C.W. 2011. The Effect of ePortfolio Satisfaction on Students’ Learning Motivation and Internet Self-efficacy. Journal of Educational Technology Development and Exchange. 4(1), 103-118.

Kicken, W., Gruwel, S. B., Merrienboer, J. G., & Slot., W., 2009. The Effects of Portfolio-based Advice on the Development of Self-directed Learning Skills in Secondary Vocational Education. Educational Technology Research and Development. 57(4); 439-460.

Klenowski, V., Askew, S., & Carnell, E., 2006. Portfolios for Learning, Asessment and Professional Development in Higher Education. Asessment & Evaluation in Higher Education. 31(3);267-286.

Lukitasari, M., Corebima, D., Susilo, H., & Ibrohim. 2014. Lesson Study in Improving the Role of E-Portfolio on the Metacognitive Skill and Concept Comprehention: A Study on Cell Biology Subject in IKIP PGRI Madiun, Indonesia. American Journal of Educational Research. 2(10); 919-924.

Nurhayati, F.,R.,. & Sumbawati, M.,S. 2014. Pengembangan E-portfolio sebagai Instrumen Penilaian Siswa di SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 03(01); 253-259.

Perbawaningsih, Y. 2013. Plus Minus of ICT Usage in Higher Education Students. Procedia-Social and Behavioral Science. 103; 717-724.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.