Pendidikan karakter prososial di era milenial dengan Pendekatan Konseling Realitas

Khayatun Nufus Akhsania

Abstract


Pendidikan adalah pilar penting dalam membangun karakter prsosial pada era milenial. Sikap prososial di era milenial dalam kehidupan sehari-hari dapat dipahami sebagai segala perilaku yang memberi  manfaat kepada orang lain. Sikap prososial sebagai segala tindakan perilaku yang memiliki intens untuk mengubah keadaan fisik atau psikologis penerima bantuan dari kurang baik menjadi lebih baik, dalam arti secara material maupun psikologis.Bimbingan dan konseling adalah profesi yang sangat berperan untuk mengembangkan potensi siswa psiko-pedagogis. Tujuan artikel ini adalah untukmengulas pada pendekatan realitas  dalam pendidikan karakter di era Milenial secara teoritis. Metode yang digunakan adalah ulasan yang mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan membaca, mendiskusikan, membandingkan teori tentangpendekatan dalam teori konseling, studi empiris. Menurut hasil diskusi, dapat disimpulkan bahwa (1) konselor memiliki peran dalam membangunkarakter bangsa melalui layanan konseling dalam bentuk layanan informasi, penguasaan konten,dan konseling kelompok kepada konseli(2) mengintegrasikan nilai-nilai cinta, persahabatan, dan pekerjaan adalah bentuknyakepentingan sosial sesuai dengan nilai-nilai yang telah diyakini dalam kehidupan (3) Pendekatan realitas  dapat diterapkan sebagaipendekatan dalam konseling yang fokus pada perilaku individu yang didasarkan pada setiap orang adalah unik.

 

Education is an important pillar in building societal character in the millennial era. Prosocial attitudes in the millenial era in everyday life can be understood as any behavior that benefits others. Prosocial attitude as any behavioral act that has the intense to change the physical or psychological state of the beneficiaries of the less good to be better, in a material and psychological sense. Guidance and counseling are professions that are instrumental in developing the potential of psycho-pedagogical students. The purpose of this article is to review the reality approach in character education in the Millenial era theoretically. The methods used are reviews that collect data from various sources by reading, discussing, comparing theories about approaches in counseling theory, empirical studies. According to the results of the discussion, it can be concluded that (1) the counselor has a role in building the character of the nation through counseling services in the form of information services, content mastery, and group counseling to the counselee (2) integrating the values of love, friendship and work is the form of social interest in accordance with the values that have been believed in life (3) The approach of reality can be applied as an approach in counseling that focuses on individual behavior based on each person is unique.


Keywords


pendidikan karakter, prososial, pendekatan realitas

Full Text:

PDF

References


Corey, Gerald. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont,CA:Brooks/Cole

Corey, Gerald. 2013. Case Approach to Counseling and Psychotherapy (8thed). Belmont, CA:Brooks/Cole.

Fauzan, Lutfi. 1994. Pendekatan-pendekatan Konseling Individual. Malang: Elang Mas

Feist, Jess dan Gregory J. Feist. 2008. Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gladding. 2012. Konseling Profesi Menyeluruh. Jakarta: Indeks

Corey, Gerald. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont,CA:Brooks/Cole

Corey, Gerald. 2013. Case Approach to Counseling and Psychotherapy (8thed). Belmont, CA:Brooks/Cole.

Fauzan, Lutfi. 1994. Pendekatan-pendekatan Konseling Individual. Malang: Elang Mas

Feist, Jess dan Gregory J. Feist. 2008. Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gladding. 2012. Konseling Profesi Menyeluruh. Jakarta: Indeks

Jurnal Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati dan Kematangan Emosi, Volume I, No 1, Desember 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: