Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Berbasis Religius dalam Mengurangi Perilaku Insecure

Awalia Rachma, Silvia Yula Wardani, Asroful Kadafi

Abstract


Insecure merupakan perilaku tidak percaya diri yang dialami oleh atlet yang merasa takut akan suata hal atau peristiwa yang mengenai ketidakpastian atau kegagalan akan masa depannya perilaku itu muncul karena adanya rasa tidak puas terhadap dirinya sendiri menyebabkan perasaan yang tidak baik, seperti ketidakmampuan untuk menghadapi suatu masalah sehingga hal tersebut berpengaruh buruk kepada atlet yang mengalami insecure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik cognitive restructuring berbasis religius dalam mengurangi perilaku insecure pada atlet bulutangkis Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan jumlah sample 5 orang dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest design menggunakan teknik analisis data uji wilcoxon. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya perubahan berupa penurunan dalam perilaku insecure setelah pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring berbasis religius efektif untuk mengurangi perilaku insecure atlet bulutangkis RBC Kabupaten Ngawi. Metode layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring berbasis religius dapat diberikan sebagai cara mengurangi perilaku insecure atlet.

Keywords


Konseling kelompok, Cognitive Restructuring, Religius, Insecure

Full Text:

PDF

References


Emi Indriasari. (2016). “Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 2 (Juli-Desember 2016) Print ISSN 2460-1187, Online ISSN2503-281X

Erfantini dkk. 2016. Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi prokrastinasi akademik. Jurnal Bimbingan dan konseling. Vol. 5 No.2

Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N., & Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 65–78. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4300

Fitri & Kushendar. 2019. Konseling Kelompom cognitive restructuring untuk meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Jurnal Bulltenin Of Counseling And Psycotherapy. Vo. 1 No. 1

Fitri, S., & Masturah, A. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Problem Solving untuk Mengatasi Konflik antara Remaja yang Memiliki Insecure Attachment dengan Orang Tua. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 92–112.

Harnata, A. A., & Prasetya, B. E. A. (2023). Gambaran Perasaan Insecure di Kalangan Mahasiswa yang Mengalami Kecanduan Media Sosial Tiktok. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 823–830.

Jannah, M. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa MTSN 2 Pidie.

Josef Dudi. (2017). “Pengungkapan Diri Siswa Dalam Mengikuti Layanan Konseling Kelompok (Studi Kasus Di Man Model Palangkaraya)”. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 3 No. 1 (Januari-Juni 2017) Print ISSN 2460-1187, Online ISSN 2503-281X

Kadafi, A., Pratama, B. D., Suharni, S., & Mahmudi, I. (2020). Mereduksi Perilaku Phubbing Melalui Konseling Kelompok Realita Berbasis Islami. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jbki.v5i2.1721

Kadafi, A., Alfaiz, A., Ramli, M., Asri, D. N., & Finayanti, J. (2021). The Impact of Islamic Counseling Intervention towards Students’ Mindfulness and Anxiety during the COVID-19 Pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018

Kadafi, A., Ramatus, M. R., & Desy, R. N. K. (2019). INTERNALISASI NILAI RELIGIUS DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 140–144. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/779

Kadafi, A., Suharni, S., Mahmudi, I., & Pratama, B. D. (2020). Urgency Strengthening Religious Values in Guidance and Counseling Programs in the New Normal Era. Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 285–290. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.250

Lauster, P. (1978) The Personality Test, (London&Sidney: Pans Book), hlm. 338.

Mar, A., Hasanah, A., & Saraswati, S. (2014). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 3(4), 39–46.

Nevrisa Kharisma Putri. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Peningkatan Percaya Diri Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kotabumi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Prastiyo, A. D., & Muhid, A. (2022). Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring menurunkan Prokrastinasi Akademik: Literature Review. Jurnal Konseling Pendidikan, 6(1), 20–32.

Ria, N., Lianasari, D., Kurniati, A., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2023). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Cognitive Behavior Therapy Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Insecure. 07, 1–8.

Riyanti, C., & Darwis, R. S. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 569.

Saragi, M. P. D., Sihombing, F. S., Panjaitan, P. R., & Sari, Y. (2022). Penerapan Konseling Kelompok Dalam Perspektif Islam Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(1), 57–68.

Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 1–61.

Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. (2015). Konseling Sebaya Sebagai Metode untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 87. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4479


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: