Efektivitas Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Peserta Didik

Umul Faizah, Silvia Yula Wardani, Suharni Suharni

Abstract


Layanan informasi merupakan suatu bimbingan yang dapat memberi pengaruh besar dalam pemahaman mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui serta memberikan efek yang positif bagi siswa agar siswa dapat menentukan pemilihan sesuai dengan minat dan bakat dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemilihan karir pada peserta didik ketika belum mendapatkan layanan informasi, tingkat pemilihan karir setelah pemberian layanan informasi, efektivitas layanan informasi untuk meningkatkan pemilihan karir pesera didik kelas IX di SMPN 2 Geger. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen Non-equivalent Control Group Design yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random melainkan menggunakan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Setelah dilakukan pengambilan data, maka data di analisis dengan melalui tahapan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis yaitu nilai signifikansi 2-tailed < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pemberian layanan informasi efektif dalam meningkatkan pemilihan karir peserta didik kelas IX di SMPN 2 Geger.

Keywords


Layanan Informasi; Pemilihan Karir

Full Text:

PDF

References


Agustriyana, N. A., & Suwanto, I. (2017). Fully human being pada remaja sebagai pencapaian perkembangan identitas. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(1), 9-11.

Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2018). Pengaruh Efikasi Diri Dan Internal Locus Of Control Terhadap Perencanaan Karir Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling IKIP PGRI MADIUN. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 86–96. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.463.

Ali, A. R., & Wiyono, B. D. (2018). Pengembangan modul pemilihan karir untuk siswa kelas IX SMPN 3 Babat Lamongan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Amanda, L.D., Purwanti., & Endang, B. (2010). Layanan Informasi oleh guru BK tentang Interaksi Sosial di SMP, hlm. 1-13

Amsanah, S. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Peserta Didik Kelas XII SMK NEGERI 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Dami, Z. A., & Waluwandja, P. A. (2017). Pengaruh layanan informasi karir terhadap kemandirian pemilihan karir. Jurnal Cakrawala, Tahun VI, Nomor, 12, 1145-1156.

Dewa Ketut Sukardi. (1997). Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah, ( Jakarta: Balai Pustaka, 1997), h.70

Hartono. (2010). Bimbingan Karir Berbantuan Komputer Untuk Siswa. Surabya: Kencana

Hilyatul, Ali. 2013. Pengaruh Mutu Pelayanan Guru dan Biaya Pribadi Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMP Swasta Se-Tasikmalaya. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Irman, H. (2009). Hardiarni Irman. 2009. Konseling Karir. Batusangkar : STAIN Batusangkar Press. 13–33.

Kadafi, A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Islami untuk Meningkatkan Aspirasi Karir Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4482

Mohammad Thayeb Manhiru. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir,

(Jakarta, Bumi Aksa), h. 104

Muro, J.J and Kottman, T. (1995). Guidance and Counseling in the Elementary and Middle School. United States of America: Brown & Benchmark Publisher.

Nuraqmarina, F., & Risnawati, E. (2018). Keputusan pemilihan karir: Studi komparatif pada siswa remaja jurusan IPA dan IPS. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 231-240.

Ovan & Saputra A. 2020. CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Sulsel: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Prayitno, Erman Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Prayitno & Amti, E. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sugandhi Nani M dan Syamsu Yusuf LN. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, Dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). CV.Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan, Penerbit Alfabeta Bandung. Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, Dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). CV.Alfabeta.

Sukardi, K , 1983. Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia Sukardi.(1985). Psikologi Pemilihan Karir.Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi. (2010). Pengantar Program Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Styorini, I. N. (2018). Layanan Informasi Karir Sebagai Prediktor Kemandirian Pemilihan Karir. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 13-25.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling disekolah dan madrasah(Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. h. 142-143

Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41-53.

Wardhani, N. A., Isti’adah, F. N., & Arumsari, C. (2020). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Teori Karier John Lewis Holland Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMP. QUANTA, 4(2), 58- 68.

Yusuf Gunawan. 1987. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm.96


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: