Analisis Kompetensi Sosial Guru di Taman Kanak-Kanak

Titin Kamilah, Alisa Alfina, Hermawati Dwi Susari

Abstract


Kompetensi guru merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan. Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru dalam membangun relasi dengan peserta didik dan orang-orang lain terkait keberhasilan pembelajaran, seperti sesame guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat setempat guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi  sosial yang dimiliki di kedua lembaga PAUD di Madiun. Penelitian ini menggunakan deskriptip kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan, dengan melibatkan lima guru. Data dikumpulan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoaman wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianguasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu berkomunikasi lisan ataupun tulisan secara cukup baik terhadap peserta didik. Guru menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional sudah cukup baik. Guru bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, dan para walimurid juga sudah baik. Guru mampu bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan menjalin hubungan baik, saling menjaga lingkungan sekitar, berperan dalam kegiatan masyarakat sekitar, dan biasa berbagi dengan lingkungan disekitar sekolah. Guru mampu menerapkan prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan

Keywords


Guru PAUD, Kompetensi Sosial Guru

Full Text:

PDF

References


Alfina, A. (2022). Mengapa Usia Dini Usia Emas, Pengetahuan dan Tips Manajemen Praktis Mendidik Anak Usia Dini. Jakarta; Rumah Literasi Publishing.

Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat; CV Jejak.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak: The Importance of Childhood Education for Child Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8 (1), 50-58.

Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta; Gava Media.

Fakhruddin, A.U. (2019). Menjadi Guru PAUD Panduan Guru PAUD Berdasarkan Permendikbud No 137 Tahun 2014. Jakarta; PT Elex Media Koputindo.

Febrialismanto. (2017). Analisis Kompetensi Profesional Guru PAUD Kabupaten Siak Provinsi Riau. Jurnal PG PAUD Trunojoyo. 4 (2), 82-170.

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta; PT Bumi Aksara.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara; Wal Ashri Publishing.

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1 (1)

Hijriyati. (2016). Analisis Kompetensi Guru Paud Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk It Salman Al-Farisi 1, Program Magister PGRA UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. 1 (1), 60-71.

Kadafi, A. (2020). Peran Bimbingan dan Konseling Online dalam Memaksimalkan Program Merdeka Belajar. Prosiding Web-Seminar Nasional(Webinar)“Prospek Pendidikan Nasional Pasca Pandemi Covid-19,” 22–29. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/10/E-Prosiding-Semnas-FIP-20juni20-1.pdf

Kadafi, A., Asri, D. N., Ardi, P., Afifah, D. R., & Andria, A. (2022). Optimalisasi Learning Management System di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3237–3247. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/9547

Kamaruddin, I., Florensia, W., Andreas, R., Salomon, G.A., Nopianto., Mardhatillah. Et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. PT Global Eksekutif Teknologi

Mariyati. (2019). Rahasia Sukses Mengajar di PAUD. Tangerang; Indocamp

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta; PT Elex Media Koputindo.

Mulyasa. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Ottu, M.D.i, Tamonoh, P. (2021). Profesi Guru Adalah Misi Hidup. Jawa Barat; Penerbit Adab CV Adanu Abimata

Ramaliya. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Bidayah; Studi Ilmu-ilmu Keislaman. 9 (1)

Salim. & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Citapustaka Media

Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping PAUD dalam Memenuhi Standar Layanan PAUD Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak. 5 (2)

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung; Alfabeta.

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru PAUD dalam Pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (1)

Suprihatingrum, J. (2016). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: