Penerapan Penggunaan Buku Cerita Bergambar (Komik) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak pada Kelompok B

Annisa Ariningtyas, Fida Chasanatun, Sofia Nur Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kemampuan berbicara anak pada kelompok B TK Desa Jetis dengan penerapan penggunaan buku cerita bergambar (komik). Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai Juli 2023, hasil observasi permasalahan pada anak kelompok B TK Desa Jetis masih kurang variasi dalam pembelajaran, menyebabkan anak kurang berkembang dalam mengucapkan suatu kalimat secara utuh, kepercayaan diri saat berbicara, dan anak masih malu-malu. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Menerapkan dua siklus penelitian. Hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan penggunaan buku cerita bergambar (komik) membantu menjawab permasalahan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Desa Jetis.

Keywords


Komik, Kemampuan berbicara, Anak usia dini, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan. Universitas Garut

Anggit, dkk. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Komik Komsa Berbasis Konstektual Dalam Pembelajaran Sains di SD. Jurnal Vol.2. E-ISBN: 978-602-9286-22-9. Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Angkowo, R & A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. PT Grasindo.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Penerbit Gava Media. ISBN: 978-602-6948-09-0

Fadlillah. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran Di Paud. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal Vol.1. No.1. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Kasmiati. (2023). Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini di Era Digital Melalui Komik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. E-ISSN: 2614-8854

Lusiana, dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol. 1

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. KENCANA : Jakarta. ISBN: 978.602.0895.38.3

Mulyono. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Adi Karya Mandiri : Yogyakarta. ISBN: 978-602-51306-1-8

Mariyana, Rita. (2016). Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia

Muhammad Bachtiar. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bergambar. Jurnal Publikasi Pendidikan Vol. 6 No. 1 ISSN: 2088-2092.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, Vol. 2 No. 01 e-ISSN: 2549-7367

Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Penerbit Lakeisha. Jawa Tengah. ISBN: 978-623-92128-4-1

Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, Vol. 5 No. 3. Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

Rahman. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbahasa Melalui Pengenalan Membaca Komik Bergambar Pada Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 E-ISSN 2807-1816 P-ISSN 2807-2308. STKIP Hamzar

Rahmawati. (2018). Komik Sebagai Inovasi Dalam Pengenalan Keterampilan Menulis Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal AUDI. ISSN: 2528-3367. Universitas Slamet Riyadi

Rizki Apriyani, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. E-ISSN: 2621-8321. Universitas Sriwijaya

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara dengan bercerita menggunakan komik elektronik tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Usia Dini Vol. 3 No. 2 E-ISSN: 2549-8959. Universitas Negeri Jakarta

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. PT Bumi Aksara. ISBN: 978-602-217-281-9

Devi, S., Yusuf, A. B., & Munirah, M. (2022). Respons Terhadap Tuturan Sarkasme Ditinjau Dari Aspek Gender Dengan Discourse Completion Task (Dct). Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, Vol. 5 No. 2. Universitas Muhammadiyah Makassar

Pahleviannur, dkk. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Pradina Pustaka. Sukoharjo. ISBN: 978-623-88036-5-1

Priyanto. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02. Pengawas SMA Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Yudho Bawono. (2017). Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 22-24 Agustus. Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: