Konseling kelompok behavior teknik time out untuk merubah perilaku bullying

Chanelia Rista Devitasari, Ibnu Mahmudi, Asroful Kadafi

Abstract


Bullying berkembang dilingkungan pelajar dapat dilihat dari adanya perilaku-perilaku mengolok-olok teman yang dilakukan sekolompok siswa terhadap teman satu kelasnya sebagai korban bullying, tindakan tersebut terjadi disaat jam pembelajaran berlangsung, dimana kelompok siswa tersebut mengolok-olok temanya dan menjauhi siswa yang menjadi korban bullying  tersebut. Hal tersebut berpengaruh buruk kepada korban serta pelakunya, ketika hal ini terus menerus berlalu tanpa adanya penangan, sekolah menjadi tempat yang kurang ranah bia jadi menyeramka untuk pelajar yang menjadi korban bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok behavior teknik time out, dalam menurunkan perilaku bullying (Y) pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Madiun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperiment dengan desain eksperiment yang digunakan pre-eksperimental design. Hasil analisis yang didapati dari jumlah sampel 9 orang dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,007<0,05 hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok behavior teknik time out efektif dalam menurunkan perilaku bullying pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Madiun tahun pelajaran 2021/2022.

Abstract
Bullying develops in the student environment, it can be seen from the behavior of making fun of friends by a group of students against their classmates as victims of bullying, these actions occur during learning hours, where the group of students makes fun of their theme and stays away from students who are victims of bullying. the. This has a negative impact on the victim and the perpetrator, if this continues without any handlers, the school will become an uncomfortable place and even tend to be scary for students who are victims of bullying. This study aims to determine the effectiveness of group counseling behavior time out technique, in reducing bullying behavior (Y) in class X SMK Negeri 2 Madiun. This study uses quantitative research with experimental research methods with experimental design used pre-experimental design. The results of the analysis obtained from a sample of 9 people with a significance level of 5%, a 2-tailed significance value was obtained of 0.007 <0.05, this indicates that the behavior group counseling service time out technique is effective in reducing bullying behavior in class X students of SMK Negeri 2 Madiun for the academic year 2021/2022.

 


Keywords


Perilaku Bullying, Konseling Kelompok Behavior teknik time out

Full Text:

PDF

References


Amanda, Viola. Dkk. (2020). Bentuk dan dampak perilaku bullying terhadap peserta didik. Jurnal kepemimpinan dan pengurusan sekolah. 5(1) : 19-32.

Andiani, Ana dan Bakhrudin All H. (2021). Kenseling kelompok behavior untuk mengurangi perilaku bullying siswa SMP. Jurnal thalaba pendidikan Indonesia. 6(1) : 17-29

Dewi, Noviyanti Kartika. (2020). Bimbingan dan konseling kelompok. Universitas PGRI Madiun. Diktat.

Gantina, Komalasari. Dkk. (2011). Teori dan teknik konseling. Jakarta. PT. INDEKS

Hanum, Naipah dan Asiah. (2017). Pengaruh konseling kelompok teknik self management terhadap pola hidup bersih dan sehat siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.a 2016/2017. Jurnal pikologi konseling. 10(1). 48-59.

Herawati, Novi. Deharnita. (2019). Gambaran faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada anak. Jurnal keperawatan. 1(1). 60-66.

Kadafi, A. et al. (2020) ‘Mereduksi Perilaku Phubbing melalui Konseling Kelompok Realita Berbasis Islami’, JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), pp. 31–34. Available at: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/view/1721.

Pratama, B. D., Kadafi, A. and Suharni (2019) Meningkatkan Perilaku Prososial Mahasiswa melalui Konseling Kelompok Realita. Universitas PGRI Madiun.

Marlena, Devi. Ddk. (2019). Penyusunan instrumen tes keterampilan proses sains papda mata pelajaran ipa di SMPN 14 Kota Bengkului. Jurnal penelitian pendidikan sains.9(1). 1763-1765.

Nasir, Amin. (2018). Konseling behavioral : solusi alternatif mengatasi bullying anak di sekolah . jurnal koneling edukasi. 2(2). 67-82.

Sinaga, Juster Donal. (2015). Time out sebagai teknik modifikasi perilaku di sekolah dan dirumah : ulasan singkat dan rekomendai. 1-8.

Sukarti.Sri.dkk.2018. Mengurangi Bullying Verbal Melalui Konseling Kelompok dengan Terapi Kontrak Perilaku. Indonesia journal of guidance and counseling.7(1). 1-8.

Syamila, Diana. Herdi. (2021). Konseling online : pemanfaatan teknologi dalam layanan konseling kelompok di SMP Global Islamic School Jakarta. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan. 8(4). 475-481.

Zakiyah, Zain E. dkk. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.jurnal penelitian dan PMM. 4(1). 129-389.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: