PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN, DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAY (STUDI KASUS DI KOTA MADIUN)
Abstract
This research is entitled The Influence of Perception of Convenience, Perception of Benefit, Perception of Security, and Perception of Risk on Interest in Using Shopeepay in Madiun City. This research aims to determine the influence of each variable, the influence of perceived convenience, perceived usefulness, perceived security and perceived risk on interest in using Shopeepay in Madiun City. This research is quantitative research with a sample size of 385 respondents. Primary data was collected using a questionnaire distributed via goggle form. The data analysis technique uses SPSS 24 software. The results of this research prove that partially a) the variables perception of convenience, perception of benefit, perception of security and perception of risk have a positive and significant effect on interest in using Shopeepay in Madiun City. The variables of perception of convenience, perception of benefit, perception of security and perception of risk simultaneously or together influence interest in using Shopeepay in Madiun City
Full Text:
PDFReferences
Ahmad., Bambang Setiyo Pambudi. 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat Persepsi, Kemudahan Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking Studi pada Program Layanan I-Banking BRI. Jurnal Studi Manajemen, Vol.8, No. 1, April 2014
Anisa, W.N. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Shopeepay Sebagai Sarana Transaksi Pembayaran. JES, Vol.1 , No. 1
Darmadi, H. 2017. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Davis, Gordon B. (2016). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikom
Falah, Muhammad Nuril. 2021. “Kembali Shopeepay Di Kota Malang Saat Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 9(2): 1–18.
Jogiyanto, H.M., (2015). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Kasmir. (2017). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana
Kotler, Philip dan K. L. Keller. (2015). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13, Jakarta: Erlangga.
Mawardani, F. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 9 No 3 Tahun 2021
Novitasari, S., & Baridwan, Z. (2014). Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya Malang, 3(1).
Novitasari, S., & Baridwan, Z. (2014). Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya Malang, 3(1).
Pitura, C.R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopeepay Di Kalangan Generasi Millenial (Studi Pada Mahasiswa Manajemen UNISMA Angkatan 2018). e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Unisma
Rahmat, P.S. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, M., & Rosa, A. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital DANA: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 1395–1406.
Rifki Hanif. (2019). Menentukan Loyalitas Pengguna Shoopepay Berdasarkan User Experience dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 164–172. https://doi.org/10.32812/jibeka.v16i1.969
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhir, Moch, Imam Suyadi dan Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian secara Online (Studi Kasus Situs Website www. Kaskus.id). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8, No.1. Hal 1-10
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun