PENGARUH CITRA DESTINASI, PROMOSI, AKSEBILITAS DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI WANA WISATA GRAPE MADIUN
Abstract
This study aims to empirically prove the Influence of Destination Image, Promotion, Accessibility and Facility Promotion on Visiting Decisions at Wana Wisata Grape Madiun. This study is a quantitative study with a sample size of 384 people. The sampling method uses a lemeshow sample. Data collection uses a questionnaire distributed via google form. The data analysis technique uses a test tool in the form of IBM SPSS Version 25 software. The results of this study indicate that a) Destination image has a significant effect on visiting decisions at Wana Wisata Grape Madiun. b) Promotion does not have a significant effect on visiting decisions at Wana Wisata Grape Madiun. c) Accessibility has a significant effect on visiting decisions at Wana Wisata Grape Madiun. d) Facilities have a significant effect on visiting decisions at Wana Wisata Grape Madiun.
Keywords: Destination Image, Promotion, Accessibility, Facilities and Visiting Decisions
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, R. P., Sulistyowati, L. N., & Purwanto, H. (2019). Pengaruh Fasilitas, Harga Tiket Dan Daya Tarik Terhadap Keputusan Berkunjung Di Obyek Wisata Telaga Ngebel. SIMBA (Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I), 1, 987–999.
Ardiansyah, K., Sumar, & Nugroho, A. A. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata,
Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Pantai Siangau Kabupaten Bangka Barat. JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 101–113. https://doi.org/10.33319/jeko.v11i1.102
Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2020). The effect of attraction, accessibility and facilities on destination images and it’s impact on revisit intention in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605–6613.
Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata ( Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 1–16.
Beslar, V. R., SLHV Lapian, J., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi Pada Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Laut Bunaken. Jurnal EMBA Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 1–11.
Daulay, S. H. P. P. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Jurnal Creative Agung, 12(2), 1–19.
Dewi, M. K., Rivandi, M., & Meirina, E. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Air Manis Kota Padang. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 15(2), 14–22.
Ghani, Y. A., Fitriani, A., Anissa, R. N., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Promosi Digital Dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Desa Wisata Bunihayu Kabupaten Subang. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 2(2), 77–87.
Ghozali, I. (2018). “‘Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.’” Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mardiyani, Y., & Murwatiningsih. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal. https://doi.org/10.15294/MAJ.V4I1.7220
Nainggolan, J. M., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata. Journal of Management and Economics Research, 1(3), 103–108.
Nurchomariyah, U., & Liliyan, A. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Fasilitas, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Umbul Ponggok. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 342–355. https://e- journal.naureendigition.com/index.php/pmb
Nurhayati, N., Danial, R. D. M., & Ramdan, A. M. (2019). Peran Citra Destinasi Dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali (Studi Kasus Pada Pengunjung Puncak Darma Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi).
E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(10), 1123–1134. Prawira, D., & Putra, T. (2022). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan
Berkunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Jambak Kota Padang.
Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1178–1184.
Prayogi, O. E. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung (Studi Pada Wisatawan Pantai Gemah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2), 20–38.
Pundissing, R. (2021). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Pongtorra’ Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(1), 71–84.
Saputra, R. H., & Suryoko, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung Di Ekowisata Mangrove Pasarbanggi Kabupaten Rembang. Semantic Scholer.
Sodik, M., Nawangsih, & Lukiana, N. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan E- Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Alam Puncak B29 Kabupaten Lumajang. Jobman : Journal Of Organization and Business Management, 2(1), 48–51.
Suryadana, M. L., & Octavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata.
Bandung : Alfabeta.
Syafitri, D., & Ezizwita, E. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas dan Aksesibilitas Terhadap Proses Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Padang di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 25(2), 328–341. https://doi.org/10.47233/jebd.v25i2.972
Timotius, H., & Nainggolan, B. M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata Ecopark Ancol. Journal Human Capital Development, 10(3), 1– 15.
https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/4472%0Ahtt ps://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/download/4472/2905 Zakira, I., & Suyuthie, H. (2024). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Di Banto Royo Kecamatan Tilatang Kamang. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan (JEMPPER), 3(1),
–11
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun