OPTIMALISASI PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MADIUN

Citra Ningrum, Nik Amah, Erma Wulan Sari

Abstract


The goal of the study is to determine the best ways to maximize the collection of billboard taxes, pinpoint the challenges that the Madiun Regency regional revenue authority faces, and reduce those challenges. Observation, interviews, literature reviews, documentation, and other data gathering methods produced primary and secondary data for the descriptive and qualitative analysis method employed in the study. Because the results of the billboard tax revenue have surpassed the previously stated objective, the data demonstrate that the Madiun Province Regional Revenue Agency's billboard tax collection is operating at peak efficiency. However, there is still a high mutation in receivables due to uncollected billboard tax arrears, as a result of billboard taxpayers who are less compliant in paying their taxes, and there are limited human resources which cause advertising tax collection efforts to not be maximized and have a negative impact on billboard tax revenue.
Keywords: Optimization, Collection of Advertisement Tax, Advertisement Tax, and Advertisement Taxpayers.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Z. F. N., Isharijadi, & Astuti, E. (2022). Optimizing Origin Local Income in Implementing Infrastructure Development in The City of Madiun. Social and Political Science Faculty, 10(3), p.

Astuti, A. (2020). Analysis of Effectiveness and Contribution of Advertisement Tax Collection on Original Regional Income. JASA (Jurnal Akuntansi, Audit Dan Sistem Informasi Akuntansi), 4(3).

Bahtiar, E., & Tambunan, S. (2020). Pengaruh Pemahaman Fungsi Pajak dan Manfaat Pajak Terhadap Sikap Nasionalisme Serta Dampaknya Terhadap Niat Menjadi Wajib Pajak yang Patuh (Vol. 4, Issue 2). http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MAP

Cindy. (2023). Polemik Pemungutan Pajak di Indonesia. Indonesia Journal of Business Law, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.47709/ijbl.v2i1.2030

Damayanti, Valianti, & Mursalin. (2021). Analisis Potensi dan Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/index

Dewanti, Y. R. (2021). Analisis Efektifitas dan Kontribusi Pemungutan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016-2019. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 7(01).

Dhalimunthe, A. A., Harahap, R. D., & Marliana. (2022). Analisis Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Subulussalam. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2.

Dinastiti, F. E., Novitasari, & Wati, A. F. (2020). Urgensi Inklusi Pajak pada Mata Kuliah Umum di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Persepsi dan Pemahaman Perpajakan Mahasiswa Universitas Tidar. JPALG Journal of Public Administration and Local Governance, 4(1), 65–80. https://doi.org/10.31002/jpalg.v3i2.1981

Fatmawati, S., & Adi, S. W. (2022). Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Tingkat Pemahaman Pajak, Tingkat Pendapatan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada SAMSAT Kota Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11.

Hardianti, T., Alkautsar, M., & Syakinah, F. (2023). Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Reklame Di Kabupaten Garut. Jurnal Wahana Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Garut, 8.

Herfina, M., & Syofia, W. (2022). Tinjauan atas Pelaksanaan Perhitungan, Pemungutan, dan Pelaporan Pajak Reklame Pada Badan Bendapatan Daerah Kota Padang. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, 2.

Hidayat, I., & Gunawan, S. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. M A N A Z H I M Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 4(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim

Irianto, D. R., Baharata, A. W., Saputro, R., & Pratiwi, I. (2021). Optimalisasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan P2 di Wilayah Kecamatan Reban Kabupaten Batang. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 5.

Karno, R., & Ismail, M. (2021). Pengaruh PPN dan PPH Terhadap Pendapatan Pajak Pusat. www.pajak.go.id

Larasati, D. C., & Dewiyanti, D. (2021). Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak Reklame di Masa Pandemi COVID-19. Reformasi, 11.

Martia, C. (2023). Optimalisasi Strategi Peningkatan Pemungutan Pajak Reklame Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. In Jurnal Produktivitas (Issue 10). www.openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp

Millah, S. A., Arobiah, D., Febriani, E. S., Ramdhani, E., & Apriyani. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 2023.

Mustafa, S. P., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsing, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., Romadhana, S., Akbar, M., & Sa’diyah, S. S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Insight Mediatama. Mojokerto. Insight Mediatama.

Ndiak, R. (2022). Analisis Pemungutan Pajak Reklame dan KontribusinyaTerhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banggai. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) , 5.

Peraturan Bupati Kabupaten Madiun Nomor 66. (2020). Peraturan Bupati Kabupaten Madiun Nomor 66 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan Pajak Daerah.

Peraturan Bupati Madiun Nomor 5. (2021). Peraturan Bupati Madiun Nomor 5 Tahun 2021Tentang Dasar Perhitungan Nilai Sewa Reklame. Indonesia, Kabupaten Madiun.

Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 1. (2024). Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah. Indonesia, Kabupaten Madiun.

Rianty, M., & Syahputera, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. BALANCE : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 13–25. http://jurnal.um-palembang.ac.id/balance

Rinaldi, M. R., & Singgih, R. P. (2023). Analisis Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Reklame Videotron Dalam Rangka Peningkatan Penerimaan Pajak Reklame Pada Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Wilayah Menteng Jakarta Pusat Tahun 2021. Jurnal Ilmu Administrasi Publik , 3.

Rohman, A. (2020). Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Reklame Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1), 1. www.publikasi.unitri.ac.id

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64.

Saleh, M., Hasri, D. A., & Nurfaizah. (2023). Analisis Kinerja Pemungutan dan Strategi Optimalisasi Pajak Daerah di Kabupaten Sumbawa. Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6.

Saranani, I. T., Hasnita, N., & Asraf. (2023). Hotel Tax Effectiveness Analysis and Taxes Advertising and Its Contribution to Increasing Regional Original Income (PAD). Research of Economics and Business, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.58777/reb.v1i1.30

Situmorang, D. M., & Wahyudi. (2023). Dampak Pandemi COVID- 19 Terhadap Penerimaan Pajak di Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1. (2022). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Wachidah, E. N. El, & Andhaniwati, E. (2024). Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 1128–1139. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4202

Wicaksono, G. (2022). The Role of Advertising Tax Through Measuring Their Effectiveness, Growth and Contribution to Local Taxes in Lumajang Regency. In Jurnal Mantik (Vol. 6, Issue 1).

Yunita, E., & Yuliandi. (2021). Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Reklame Dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bogor. http://www.djpk.kemenkeu.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun