PENGARUH DUKUNGAN PEMERINTAH, PERSEPSI HARGA Dan FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PEDAGANG KAKI LIMA
Abstract
The purpose of this research is to determine the influence of government support, price perceptions, and facilities on customer satisfaction of Gulun Field MSME street vendors in the people of Madiun Regency. This research was conducted on the people of Madiun Regency who had purchased the Gulun Field MSMEs in Madiun City with a sample of 384 respondents. The research method used is a quantitative approach using testing equipment in the form of Smart PLS version 4.0 software. The results of this research are that government support, perceptions of price, and facilities have a positive and significant impact on customer satisfaction at Gulun Field MSMEs, Madiun City.
Keywords: Government Support, Price Perception, Facilities, Customer Satisfaction
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, W. P., Hermawan, H., Izzudin, A., & Jember, U. M. (2022). Pengaruh harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. IX, 85–94.
Dimas, D. K., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal Manager, 5(1), 348–358. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.553
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.
Hadiyono, N., & Palumian, Y. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Starbucks di Surabaya. Jurnal AGORA, 7(2), 1–11.
Harninda, Y. (2022). PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI DI KOTA BANDA ACEH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH, 1.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing sixteenth edition. Pearson Education.
Markus. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasaan Pelanggan ( Studi Kasus Pada Spbu Muara Siban Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2), 885–891.
Muawanah, S., & Pranitasari, D. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PAKET PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) JAKARTA. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 0–18.
Ngurah Dwi Dharma Putra, G., Putu Nita Anggraini, N., & Wayan Gede Antok Setiawan Jodi, I. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Gianyar. 4.
Ningsih, M. W., Handoko, B., & Putra, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Pada Mahasiswa UnHar Pelanggan Marketplace Online ). 02(03), 143–160.
Nurfitri, A. R., & Setyaningsih, E. (2022). Peran persepsi harga , kualitas produk , promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada swalayan di Kota Depok. 4(12), 5572–5586.
Podengge, R. K., & Haryani. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan , Fasilitas Dan Kemudahan Akses Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi, 1(2), 70–89.
Pramaishella, N. A. (2017). Pengaruh Modal, Dukungan Pemerintah dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Empiris pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Kencong Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
S, R. D., & Fadillah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. 1(1), 1–8.
Septiyani, A. D., & Soedjoko, D. K. H. (2024). Analisis harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan tribe kopi kediri. Simposium Manajemen dan Bisnis III, 3, 564–574.
Setiyono. (2014). Pengaruh KarakterEksekutif Terahadap Penghindaran Pajak. Simposium Nasional akuntansi.
Siregar, S. G. S., Lubis, A. S., & Siregar, H. (2020). Pengaruh Service Excellence Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Grab (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Kampung Baru Medan). Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, X, 226–233.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R. & D. Pt Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27 ed.). Penerbit Alfabeta.
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga , Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), 31(02), 31–41.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Andi Offset.
Wahyullah, M., Wijayanto, S. A., & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Kinerja UMKM melalui Pengelolaan Keuangan , Kompetensi SDM , dan Dukungan Pemerintah di Kota Mataram Improving MSME Performance through Financial Management , HR Competence , and Government Support in the City of Mataram. 23(01), 12–21.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun