PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PRODUK SKINCARE THE ORIGINOTE PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA
Abstract
This research aims to empirically determine the influence of halal labels, product quality and price on purchasing decisions through purchase interest as an intervening variable. The method used in this research is a quantitative method and uses the SmartPLS analysis tool version 4.1. Data analysis uses validity tests, reliability tests, hypothesis tests. Partial research results show that (1) price has a positive and significant effect on buying interest, (2) product quality has a positive and significant effect on buying interest, (3) the halal label has a negative effect and not significant on purchasing interest, (4) price has a negative and insignificant effect on purchasing decisions, (5) product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, (6) halal labels have a positive and significant effect on purchasing decisions, (7) purchasing interest has a positive and significant effect on purchasing decisions, (8) buying interest is able to mediate price on purchasing decisions, (9) buying interest is able to mediate product quality on purchasing decisions, (10) buying interest is not able to mediate halal labels on purchasing decisions.
Keywords: Price, Product Quality, Halal Label, Purchase Interest, Purchase Decision.
Full Text:
PDFReferences
Aghitsni, W., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) , 6 (3), 38-51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.227 1
Anjeli, D., & Anggrainie, N. . (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Celebrity Endorser dan Store Atmosfir Terhadap Keputusan Pembelian Street Boba. Tinjauan Ekonomi dan Bisnis Digital, https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i2.2 65
Depdiknas Mau, Antonius Philipus Kurniawan, & Imelda Virgula Wisang. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional (Pasar Maumere). Jurnal Projemen UNIPA , 10 (2), 56–71. https://doi.org/10.59603/projemen.v10 i2.29
Ratnawati. (2021). Pengaruh Label Halal, Celebrity Endorser, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal “Pixy” Oleh Muslimah Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.
Nafilah, K., Widarko, A., & Suharto, M. A. (n.d). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang yang mengkonsumsi Mie Instan). E-Jurnal manajemen riset
Gunarsih, CM, Kalangi, JAF, & Tamengkel, LF (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Produktivitas, 2 (1), 69 –72. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.p hp/productivity/article/view/32911
Sitompul, Ss (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Mellui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating . Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah , 7 (1), 50-64. Https://Doi.Org/10.37567/SharE.V7i1.402
Kirana, P. J. (2023) Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sirup Kartika Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Kartika Polaswati Mahardika di Kabupaten Grobogan) http://erepository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/e print/15911
Mahendra, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Online Marketing, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fellas.Co. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(3), 255–264. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V6i3.252 8
Meidhiyati. (2020). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, dan Online Customer Review and Rating Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee dengan minat beli konsumen sebagai variabel intervening. Skripsi Institut Agama Islam Negeri.
Sari, R., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea) , 5 (3), 1171-1184. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V5i3.1 573
Arianto, N., & Difa, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis.
Satria, Aa (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis , 2 (1), 45–53. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V2i1.436
Ariella, Ir (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid”. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis , 3 (2), 215–221. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V3i2.683
Mulyadi, MN (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor terhadap Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan , 10 (3), 511–518. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3. 1539
Prasetiawan, Adya Hermawati, & Zulkhifli. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Jaya Kopra Sejati). Konferensi Inovasi Ekonomi dan Bisnis (CEBI) , 1 (1), 1346–1351. https://jurnal.widyagama.ac.id/index.p hp/cebi/article/view/192.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun