PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM DI KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Harga Dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada UMKM Di Kecamatan Taman Kota Madiun”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada UMKM di Kecamatan Taman Kota Madiun. Pengambilan sampel sebanyak 385 responden. Jenis penelitian kuantitatif dan pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling bantuan sofware SmartPLS (Partial Least Square) versi 3.3.6. Hasil penelitian ini adalah harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh posistif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.
Kata Kunci: Harga, Lokasi, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. (1988). Attitudes, Personality, and Behavior. Chicago: Dorsey Press.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Ardhana, O., & Astuti, S. R. T. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Cesar Semarang) [Skripsi, Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/22960/1/Skripsi.PDF
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta.
Bazerman, M. H. (2001). The Study of “Real” Decision Making. Journal of Behavioral Decision Making, 14(5), 353–355. https://doi.org/10.1002/bdm.382
BPS Jawa Timur. (2020). Ekonomi Jawa Timur Triwulan I-2020 Tumbuh 3,04 Persen. BPS Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1140/ekonomi-jawa-timur-triwulan-i-2020-tumbuh-3-04-persen.html
Dede, A., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pasar Java Klender SS) [Skripsi, STIE Indonesia Jakarta]. http://repository.stei.ac.id/view/creators/Dede=3AAlfian=3A=3A.html
Eppen, G. D. (1998). Introductory Management Science: Decision Modeling with Spreadsheets. New Jersey: Prantice Hall.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grandon, E. E., & Mykytyn, P. P. (2004). Theory-Based Instrumentation to Measure the Intention to Use Electronic Commerce in Small and Medium Sized Businesses. Journal of Computer Information Systems, 44(3), 44–57. http://dx.doi.org/10.1080/08874417.2004.11647581
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Harianto, S. (2020). Ini Cara Jitu Pemkot Madiun Kembangkan 23 Ribu UMKM. Detiknews. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4908624/ini-cara-jitu-pemkot-madiun-kembangkan-23-ribu-umkm
Harjati, L., & Venensia, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 64–74. https://www.neliti.com/id/publications/36791/pengaruh-kualitas-layanan-dan-persepsi-harga-terhadap-kepuasan-pelanggan-pada-ma#cite
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
Hasan, A. (2018). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Media Pressindo.
Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v2i1.1211
Juniarti, S., Zuraida, L., & Wikaningtyas, S. U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Pada Bento Kopi). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 366–381. https://www.jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/472/325
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (11th ed.). Jakarta: Indeks.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun