PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TIKTOK LIVE SHOPPING (Studi pada Generasi Z di Wilayah Madiun)

Nadilla Dwi Anjani, Hendra Setiawan

Abstract


Perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi di era modern ini sedang mengalami persaingan. Salah satunya media sosial yang beralih ke ranah e-commerce adalah TikTok, dengan melalui fiturnya yaitu TikTok Live Shopping. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya adalah faktor Kualitas Produk, Harga dan Electronic Word of Mouth (E-WOM). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk, harga dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian pada TikTok live shopping di wilayah Madiun. Penelitian dilakukan di wilayah Madiun yaitu Kabupaten dan Kota Madiun. Pengambilan sampel sebanyak 385 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan bantuan software smartPLS (partial least square) versi 4. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Electronic Word of Mouth (E-WOM), dan Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Anisa, -, R. R., & Nurul Chamidah. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230

Chandra, G. A. (2019). Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Pembelian Impulsif Pada Generasi Z Yang Dimoderatori Oleh Gender. In Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi (Vol. 2, Issue 1). http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Covid-19 : Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Buying Purchasing Covid-19 : The Effect Of Live Streaming Video Promotion And Electronic Word. 4(April), 1–9.

Gunawan, E. M., Mamoto, J. E., & Gunawan, E. M. (2023). J . E . Mamoto ., E . M . Gunawan The Influence Of Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) And Brand Trust On Online Purchase Decisions Of Skincare Products In Lazada Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Dan Brand Trust Terhadap Jurnal EMBA Vol . 11 No . 11(1), 1218–1230.

Handayani, F. F., & Purnama, S. (2023). The Influence of Product Quality and Electronic Word of Mouth on Purchasing Decisions at Dessert Box Bittersweet by Najla Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Dessert Box Bittersweet by Najla. 2(4), 871–886.

Malik, A. S., Jayanti, A., Sanjaya, V. F., Alawiyah, I. T., Studi, P., Bisnis, M., Studi, P., & Syariah, P. (2019). Pembelian Pada Baju Thrift Di Shabira Store Kabupaten. 1(2).

Murad, K., & Puspitasari, A. (2023). The Influence of Price, Product Quality, and Product Design on Repeat Purchase Decision of Emina Brand Cosmetic Products in Batam City. https://doi.org/10.4108/eai.5-10-2022.2325872

Nugraheni, F., Manajemen, P. S., Rani, P. A., Manajemen, P. S., Program, D. F., & Jurusan, S. M. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Live Shopping. 14–18.

Nurhalim, A. D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Indonesia Terhadap Zara. Jurnal Bina Manajemen, 10(2), 26–41. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i2.204

Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 231–242. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.231

Saragih, MM., B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Sari, R. M., & Prihartono. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=ANALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD

Silvia Titasari, M. Ridwan Basalamah, T. S. R. (2018). Pengaruh Pembayaran Cash On Delivery (COD), Harga Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNISMA). 12(01), 510–518.

Sintia, W., Rachma, N., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Social Commerce Tik Tok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019-2020). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 1061–1066.

Situmorang, B. Y., Rahardja, N. A., Dominica, V. A., & Havara, Y. F. (2022). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Generasi Z di Jabodetabek terhadap Niat Pembelian di TikTok Shop dari Perspektif Social Cognitive Theory ( SCT ) Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Generasi Z di Jabodetabek terhadap Niat Pembelian di TikTok Shop. March 2023.

Sulistiyowati, L. N., Putra, Y. P., & Purwanto, H. (2022). Kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. MBR (Management and Business Review), 6(1), 69–80. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6952

Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). Budaya Belanja Online Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Jawa Tengah (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME). Scriptura, 12(1), 58–71. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.58-71

Violietta Ocktierra, Dra Cicik Harini, L. B. H. (2022). the Influence of Price and Product Quality on Purchase. Journal of Management, 2(2), 27–43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun