Celengan Target: Upaya Melatih Literasi Finansial Pada Siswa SMP Muhammadiyah 23 Kemalang, Klaten

Nik Amah, Juli Murwani, Nasroha Dewi Anjani Lestari, Ditiya Asih Purwanti, Rendi Nugroho, Muhammad Lutfhi Husain

Abstract


Literasi finansial merupakan salah satu model literasi yang penting untuk diajarkan kepada generasi muda mulai sejak dini. Literasi finansial adalah pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan, skala prioritas kebutuhan dan keinginan, serta kemampuan mengaplikasikan pengetahuan tersebut pada kehidupan sehari-hari.  Pada jenjang anak sekolah, literasi keuangan dapat dilatih melalui pembiasaan untuk menabung, membatasi penggunaan uang saku untuk jajan, serta membuka wawasan mereka untuk dapat membedakan kebutuhan dan keinginan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai upaya melatih literasi finansial pada siswa SMP Muhammadiyah 23 Kemalang dan menguatkan budaya menabung melalui celengan target. Langkah pelaksanaan kegiatan terdiri dari survey awal, penyuluhan untuk membuka wawasan siswa sekaligus pembagian celengan target, dilanjutkan dengan evaluasi, serta terminasi. Sasaran kegiatan adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 23 Kemalang yang berjumlah 11 anak. Hasil kegiatan yaitu pemahaman siswa mengenai pengelolaan keuangan (uang saku), peningkatan jumlah anak terlatih dengan budaya menabung, dan peningkatan kemampuan menentukan skala prioritas kebutuhan, serta peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya berwirausaha. Hasil lainnya yaitu seluruh siswa dapat menyelesaikan target menabungnya. Saran yang dapat diusulkan untuk SMP Muhammadiyah 23 Kemalang adalah memperkuat kurikulum sekolah dengan memberikan porsi yang proporsional bagi literasi finansial. Saran bagi siswa untuk selalu mengeksplorasi pengetahuan dan wawasan tentang literasi finansial dilanjutkan dengan inklusi finansial.

Kata Kunci: Literasi Finansial, Celengan Target, Pengelolaan Keuangan, Budaya Menabung.

Full Text:

PDF

References


Amalia, Lia. 2011. Dampak Ketidakhadiran Ibu Sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) Terhadap Perkembangan Psikologis Remaja. Kodifikasia, Volume 5, Nomor 1.

Astuti, P., Puspitawati, I. (2008). Relations Between Attitude Toward Adolescent Princess Product with MultiLevel Marketing Behavior in The Purchase of Goods Cosmetica Consumptive. Journal. Available: www.gunadharma.ac.id.

Batty, M., Collins, J. M., & Odders-White, E. (2015). Experimental Evidence on the Effects of Financial Education on Elementary School Students’ Knowledge, Behavior, and Attitudes. Journal of Consumer Affairs, 49 (1), 69-96. https://doi.org/10.1111/joca.12058

Fitriyani, N., P.B. Widodo, N. Fauziah. (2013). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, Vol. 12, No. 1.

Julian, E., N.A. Ananda, S. Andriani. (2018). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 2. DOI: https://doi.org/10.37673/jmb.v1i2.15

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Stolper, A. O, and A. Walter. (2017). Financial literacy, financial advice, and financial behavior. Journal of Business Economics, 2017, vol. 87, issue 5, No 3, 643 pages. DOI: 10.1007/s11573-017-0853-9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun