PENGARUH REPUTASI PRODUK DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI WARDAH KOSMETIK STUDI PADA MASYARAKAT KOTA PADANG

Samsinur Fajri, David Malik, Harry Wahyudi, Yulihardi Yulihardi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh reputasi produk dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli pada masyarakat kota padang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 96 responden pada masyarakat kota padang. Metode yang digunakan adalah accidental sampling, dimana siapa yang ada pada saat meneliti melakukan penelitian maka di jadikan sampel penelitian. Teknik pengmpulan data yang digukan adalah kuesioner. Hasil analisis data dilihat dari hasil uji secara parsial, simultan dan koefisien determinasi.

Secara parsial nilai signifikan Reputasi Produk (XI) terhadap Minat Beli (Y) sebesar (sig=0,000 <0,05) dan nilai t hitung Reputasi Produk (XI) 12,838 > 1,661 t tabel dapat disimpulkan reputasi produk berpengaruh positif dan signifikan minat beli wardah kosmetik pada masyarakat kota padang. Nilai Keercayaan Konsumen (X2) terhadap minat beli wardah wardah kosmetik pada masyarakat kota padang (Y) sebesar (sig=0,001<0,005) dan nilai t hitung kepercayaan konsumen (X2) 3,391 > 1,661 t tabel dapat disimpulkan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli wardah kosmetik pada masyarakat kota padang.

Hasil pengujian secara simultan nilai signifikan untuk pengaruh XI dan X2 terhadap Y sebesar (0,000 < 0,005) nilai F hitung 89,610 dan F tabel sebesar 3,09 (fhitung > ftabel). Artinya variabel reputasi produk dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara simultan atau bersama- sama terhadap minat beli wardah kosmetik pada masyarakat kota padang. Kemudian hasil koefisien determinasi sebesar 0,651 (65,1%) sedangkan sisanya 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Agustin, C. A., & Hellianto, G. R. (2020). Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare di Shopee. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 39-52

Aprilianti, O., &Wibowo, S. (2019). Analisis IklanPada Media Sosial Instagram Dan Reputasi Merek Terhadap Minat Beli Pada Indihome Buah Batu Kota Bandung Tahun 2019. eProceedings of Applied Science, 5(2).

Astuti, S. R. T. (2018). Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmiah Aset, 13(1), 37-45.

Aulia, A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Situs Lazada (Survey Pada Pengunjung Situs Lazada Di Jakarta Timur) (Doctoral Dissertation, Universitas Darma Persada).

Buchari Alma, Astuti, (2020:38-39) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Dewi, (2017:13). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management.Vol. 3. No. 3

Fakhrudin (2016:69). Indicator Reputation 6 Ed. New Jersey: Person Education.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi Offset, Yogyakarta.

Fitriah, M. (2018:86). Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Yogyakarta: CV Budi Utama

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Herbig, Paul, John Milewichz & Jim Golden., 2004, A Model of Reputation Building &Destruction, Journal of Business Research, Vol. 31

Kaloka, A. S. K. (2016). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Makanan jember.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016:181). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Phillip & Keller, Kevin L. (2016:181). Marketing Management 15th Edition. England: Pearson.

Kurniawan, F., & Sari, D. (2017).Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi Inglorius Industries Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 4(1).

Liska, (2017:13), Factors Influencing Purchase Intention Vol 13, No. 5, 946 – 968.

Maulana, A. R. Strategi Komunikasi Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Disabilitas Daksa Di Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Mirabi, V., Akbariyeh, H., &Tahmasebifard, H. ArifAdiSatria 2017.A Study of Factors Affecting on Customers Purchase IntentionCase Study: the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST)Vol. 2 Issue

Molan , (2014:568) Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Dalam Advertising Terhadap Minat Beli Pada Produk PT. Djarum (Djarum Super), Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang-Indonesia.

Oktav, R., &Sukresna, I. M. (2018).Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Melalui Reputasi Dan Word Of Mouth (Studi Pada Maskapai Berbiaya Rendah di Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 680-688.

Priansa, (2017:164). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Peningkatan Omset Industri Kosmetik di Indonesia Tahun 2018-2020 Sumber: Koran Tempo (27/01/2020)

Pramono, K. D. C. (2018). Strategi Komunikasi Public Relations PT. Angkasa Pura II dalam membangun Corporate Image melalui" Pesona Gerbang Indonesia" terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Putra, A., &Heriyanto, M. (2017). Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Texas Chicken Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Pura, L. S. (2017:116). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menginap Di Arion Swissbell Hotel Bandung.

Rafiq, M., &Kurniawan, B. T. (2019). Pengaruh Reputasi Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Terhadap Rumah Sakit Umum Pringsewu. JurnalManajemendanKeuangan, 7(4), 129-138.

Soemirat, Soleh. (2016:111). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya)

Sugiyono. (2016:39). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. (2017:8). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy& Chandra, Gregorious.(2012). Pemasaran Strategik Edisi2. Yogyakarta : Andis

Vadila, M. F., & Achmad, N. (2018). Analisis Pengaruh Iklan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Univesitas Muhammadiyah Surakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun