EFEKTIVITAS HARGA PSIKOLOGI DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI DENGAN TESTIMONI POSITIF ONLINE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI POLA AKTIVITAS BERBELANJA PADA KONSUMEN SHOPEE DI KOTA MADIUN)

Rinanda Felya Salsa Bella, Septyana Luckyta Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Harga Psikologi dan Pengetahuan Produk terhadap Niat Beli oleh konsumen aplikasi Marketplace Shopee di sekitar Kota Madiun dengan Testimoni Positif Online sebagai variabel moderasi Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 150 responden. Metode yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji MRA, dan uji hipotesis dengan dibantu alat uji statistik SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak ada pengaruh Harga Psikologi terhadap Niat Beli konsumen Marketplace Shopee di Kota Madiun. 2) Ada pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Niat Beli konsumen Marketplace Shopee di Kota Madiun. 3) Ada pengaruh Testimoni Positif Online terhadap Niat Beli konsumen Marketplace Shopee di Kota Madiun. 4) Tidak ada pengaruh Harga Psikologi yang dimoderasi oleh Testimoni Positif Online terhadap Niat Beli konsumen Marketplace Shopee di Kota Madiun. 5) Ada pengaruh Pengetahuan Produk yang dimoderasi oleh Testimoni Positif Online terhadap Niat Beli konsumen Marketplace Shopee di Kota Madiun.6) Ada pengaruh Harga Psikologi dan Pengetahuan Produk secara simultan yang dimoderasi oleh Testimoni Positif Online terhadap Niat Beli konsumen Marketplace Shopee di Kota Madiun.

Kata Kunci: Harga Psikologi, Pengetahuan Produk, Niat Beli, dan Testimoni Positif Online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun