PENGARUH ONLINE CUSTOMER, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI ONLINE PADA PLATFORM E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KOTA MADIUN)

Ema Apriliana, Ririh Anggraini Setyahety, Dwi Murniyati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris Pengaruh Online Customer Review, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Online Pada Platform Ecommerce. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Madiun dengan pengambilan sapel menggunakan porposive samplng dan diperoleh sebanyak 100 responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini adalah online customer review, kepercayaan, dan persepsi risiko berpengaruh terhadap minat beli dan online customer review, kepercayaan, persepsi risiko secara simultan berpengaruh terhadap minat beli.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, J. H. (2018). Pengaruh Brand Image, Brand Reputation Dan Online Customer

Review Terhadap Purchase Intention Pada Tokopedia (Studi Kasus Terhadap

MasyarkatIndonesia). 1–13.

Amboningtyas, D. (2020). Peran Keputusan Pembelian Dalam Memediasi Persepsi Risiko

Terhadap Niat Beli Online Pada Online Shop SHOPEE. Jesya (Jurnal Ekonomi &

Ekonomi Syariah), 3(2), 395–404. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.222

Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M.R. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan

Online Customer Rating terhadapKeputusan Pembelian. JurnalJempper, 1(1), 149.

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap

MinatMembeli Secara Online Pada Pengunjung Website ClassifiedsDi Inonesia.

Journal of BusinessManagement Education(JBME), 1(1), 183–195.

https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2287

Hajli, N. (2015). Social commerce constructs and consumer’s intention to buy. International

Journal of Information Management, 35(2), 183–191. https://doi.org/10.1016/j.ijinfom

gt.2014.12.005

Hajli, N., Sims, J., Zadeh, A. H., & Richard, M. O. (2017). A social commerce investigation

of therole of trust in a social networking site on purchase intentions. Journal of

Business Research, 71, 133–141.https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.10.004

Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan

konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal

Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26.

https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16

Kiki, S. (2021). No TitleIni Top 5Marketplace Indonesia yangPaling Banyak Dikunjungi

VersiRiset Shopback. Kompas.Com.https://money.kompas.com/read

/2021/04/14/133900426/ini-top-5-marketplace-indonesia-yang-paling-banyakdikunjungi-versi-riset?page=all

Kim, S., & Park, H. (2013). Effects of various characteristics of social commerce (scommerce)on consumers’ trust and trust performance. International Journal of

Information Management, 33(2), 318–332. https://doi.org/10.1016/j.ijinfom

gt.2012.11.006

Lestari, R. D., & K.W, N. I. (2021). Persepsi Risiko Terhadap MinatBeli Online Blp

Beauty Saat Pandemi Covid-19 JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen , Ekonomi ,

dan Akuntansi ). 5(3), 977–993.

McCole, P., Ramsey, E., & Williams, J. (2010). Trust considerationson attitudes towards

onlinepurchasing: The moderatingeffect of privacy and securityconcerns. Journal of

BusinessResearch, 63(9–10), 1018–1024. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.

02.025

Nathani, D., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Kepercayaan,Popularitas, Dan Citra

Merek Terhadap Minat Beli ProdukKamera Sony. Jurnal Manajerial Dan

Kewirausahaan, 3(4), 953. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13437

Parmawati, jatuh indah. (2018).Pengaruh Kepercayaan, DanPersepsi Risiko Terhadap Minat

Beli Secara Online. AngewandteChemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–

Pradana, & Hibaturrakhman. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko,Persepsi Kemudahan Dan

Kepercayaan KonsumenTerhadap Minat Beli Online Pengguna Layanan Cloud

Gaming (Studi Pada PenggunaAplikasi Skyegrid).EProceedings of

Management,8(1), 409–419.

Rizaty, M.A. (2021). NoTitleTransaksi E-CommerceIndonesia Diproyeksikan

Capai Rp 403 Triliun pada 2021.Databoks.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/transaksi-e-commerceindonesia- diproyeksikan-capai-rp-403-triliun-pada-2021

Rizkitasari, F., & Nugroho, D. A. (2013). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli

Online Dengan KepercayaanSebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen

Koreabuys.Com). Journal ofChemical Information and Modeling, 53(9), 17.

Sari, F. P. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating

Terhadap Keputusan Pembelian Online DiE-Commerce Pada Mahasiswa UMSU.

Ekonomi Dan Bisnis, 82.

Septianie, I., & Wiyata, M. T. (2020). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap

NiatPembelian Secara Online. Imwi Student Research Journal, 1(1), 73–83.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian. Alfabeta.

Suharyati, S., Sustiyatik, E., & Ruhamak, M. D. (2021).Pengaruh Harga, Persepsi Risiko

Dan KepercayaanTerhadap Minat Beli Pada Ud. Tri Jaya Rizki Abadi Di Kabupaten

Kediri. RISK: JurnalRiset …, 2. http://ojs.unik- kediri.ac.id/index.php/risk/articl

e/view/1809

Susanti, V. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Citra Merek, Keamanan Terhadap Minat Beli

Tiket Pada Situs Traveloka. COSTING : Journal of Economic, Business and

Accounting, 5(1), 13–21.

Sutedjo, A. (2021). AnalisisPengaruh Kepercayaan,Keamanan, Serta PersepsiRisiko

Terhadap Minat Beli Konsumen Belanja Online Shopee. Jurnal Kewirausahaan,

Akuntansi, Dan Manajemen TRIBISNIS, 3(2), 165–178.

Syarifah, E., & Karyaningsih, K. (2021). Pengaruh OnlineCustomer Review dan

Kepercayaan terhadap MinatBeli pada Marketplace Lazada. Economics and Digital

BusinessReview, 2(2), 222–231. https://doi.org/10.37531/ecotal.v2i2.87

Ventre, I., & Kolbe, D. (2020). The Impact of Perceived Usefulness of Online Reviews,

Trust and Perceived Risk on Online Purchase Intention in Emerging Markets: A

MexicanPerspective. Journal of International ConsumerMarketing, 32(4), 287–299.

https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1712293

Widianti, A. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, Dan Intensitas Penggunaan

Facebook Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online (StudiEmpiris Pada Situs

Forum Jual Beli). UIN PROF.K.H Saifudin Zuhri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun