PERAN SIKAP KONSUMEN DALAM MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PRODUK PIZZA HUT CABANG MADIUN

Winda Setiani, Heni Sidanti, Septyana Luckyta Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Promosi
terhadap Minat Beli yang dimediasi oleh Sikap Konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Madiun yang berminat membeli
produk Pizza Hut di Cabang Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan sampel yang berjumlah 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis jalur atau path analysis, teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program
(SPSS) dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) brand image memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap Sikap Konsumen; (2) Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Sikap Konsumen; (3) Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap
Konsumen; (4) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli; (5) Kualitas
Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli; (6) Promosi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap variabel Minat Beli; dan (7) Sikap Konsumen berpengaruh positif dan signifikan
terhadap variabel Minat Beli.


Full Text:

PDF

References


Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The influence of discount framing

towards brand reputation and brand image on purchase intention and actual

behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 851–858.

https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.192

Bhatti, A. (2018). Sales Promotion and Price Discount Effect on Consumer Purchase

Intention with the Moderating Role of Social Media in Pakistan. International

Journal of Business Management, 3(4), 50–58.

Edi. Sarwo. (2013). Pengaruh citra merek, sikap konsumen dan asosiasi merek terhadap

proses keputusan pembelian konsumen. In Jurnal.

Ferawati, R. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesediaan Konsumen Membayar

Harga Premium Produk Pizza Hut (Studi Kasus Konsumen Pizza Hut di

Yogyakarta).

Kotler, Philip, Amstrong, Gary, Opresnik, M. O. (2015). Principles of Marketing (17th

ed.). Pearson.

Maharani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan

Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. IQTHISADequity, 2(1), 1–10.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior, Eleventh Edition. In

Consumer Behavior (Eleventh). United States Of America: Pearson.

Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis dalam Pendekatan PengembanganKeahlian (6 Buku 2). Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, O. A., & Sentosa, E. (2020). Bekerjanya Efek Kualitas Produk, Presepsi Harga

Dan Desain Produk Pada Sikap Dan Niat Beli Konsumen. Jurnal Optimal, 17(2),

–19.

Suprapti, N. (2010). Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam

Strategi Pemasaran. In Udayana University Press. Bali.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (III). CV. Andi Offset.

Sari, S. L. (2021). Motivasi dan Tantangan Menjadi Wirausaha. Capital: Jurnal Ekonomi &

Manajemen, 4(2), 137-149.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun