FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada UMKM Sepatu Kulit Toko FIGHA Magetan)

Betty Intan Chrismaya, Indra Ayu Fatmala, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Penelitian ini berjudul Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus
UMKM Sepatu Kulit Toko FIGHA Magetan). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
mengetahui : a) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, b) pengaruh kualitas
produk terhadap keputusan pembelian, c) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, d)
pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian, dan e) pengaruh persepsi harga, kualitas
produk, promosi, citra merk terhadap keputusan pembelian. Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian
Kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 105 responden. Metode pengambilan sampel
yaitu dengan cara probability sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan
penyebaran melalui google form. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier
berganda melalui software SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) persepsi harga
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, b) kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, c) promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, d) citra merk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian, dan e) persepsi harga, kualitas produk, promosi, citra merk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan

Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar).

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Muliasari, D. (2019). THE EFFECT OF PRODUCT PRICE AND PRODUCT

QUALITY ON PURCHASING. 2019(4), 501–506.

Napik, A., Qomariah, N., & Santoso, B. (2018). Kaitan Citra Merek, Persepsi

Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

Blackberry. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 73.

https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1880

Njoto, D. P., & Sienatra, K. B. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Wenak Tok. Pengaruh Harga Diskon Dan Persepsi

Produk Terhadap Nilai Belanja Serta Perilaku Pembelian Konsumen, 7(9),

–44.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek

Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374.

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08

Pardede, R., Manajemen, M., Mulia, U. B., Haryadi, T. Y., Manajemen, A. M., &

Mulia, U. B. (n.d.). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap

keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. 10(1).

Parhusip, A. A., Kiem, S. R., Dalimunthe, & Tabliq, K. (2021). Keputusan

Pembelian Belanja Online Dengan Produk Sebagai Variabel Intervening (

Studi Kasus Pengguna Aplikasi Belanja Online Lazada Di Kota Medan ).

Accu Mulated, 3(1), 1–14.

Permana, D. I. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menabung

Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(006), 269393.

https://doi.org/10.35797/jab.0.0.2017.18378.

Putra, G., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA

TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Mahasiswa

Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014

Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus).

Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 48(1), 88103.

Rizky, M. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas

Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Susu Indomilk (Studi Pada Konsumen Susu Indomilk Di Kecamatan

Purwosari, Kabupaten Pasuruan). E – Jurnal Riset ManajemenPRODI

MANAJEMEN, 40–55.

Romadhoni, M. (2013). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap

Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK

UNY. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun