ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA HOTEL O INN (ORANGE) DI MADIUN

Thasya Noviyanti, Hari Purwanto, Karuniawati Hasanah

Abstract


Pembangunan Hotel dimadiun yang semakin banyak membuat ketatnya persaingan industry
perhotelan. Dengan adanya persaingan dipandemi covid-19 menuntut manajemen untuk lebih
meningkatkan strateginya. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif, dimana
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat untuk suatu
perusahaan guna meningkatkan volume penjualan. Dengan menggunakan analisis SWOT,
penelitian ini dilakukan oleh perusahaan bisnis jasa atau akomodasi yaitu pada Hotel O INN
(Orange) Madiun. Data yang diperoleh yaitu berasal dari data primer dan data sekunder. Metode
pengujian yang merupakan langkah dari analisis SWOT diantaranya yaitu, matriks IFAS, matriks
EFAS, dan matriks SWOT. Strategi SO ST WO dan WT yang diteliti guna meningkatkan strategi
yang harus dipilih oleh Hotel O INN Madiun. Dengan memanfaatkan peluang memaksimalkan
kekuatan serta mengurangi kelemahan dan ancaman yang ada dapat disimpulkan bahwa strategi
yang harus dipilih Hotel O INN adalah strategi agresif. Strategi agresif yaitu perusahaan harus
mampu mengembangkan kekuatan, dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.


Full Text:

PDF

References


Afrilita, Nur. 2013. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran

Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda.” Journal

Adminsitrasi Bisnis 1 (1): 56–70. https://ejournal.adbisnis.fisipunmul.ac.id/site/?p=608.

Ardiyanta, Oky. 2013. “Analisis Strategi Distribusi Untuk Meningkatkan Volume

Penjualan.” Analisis Strategi Distribusi Untuk Meningkatkan Volume

Penjualan 84 (december): 487–92.

http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933.

Atmoko, Temoteus Prasetyo Hadi. 2018. “Strategi Pemasaran Untuk

Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta.” Journal

of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation 1 (2): 83–96.

https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769.

Basu Swastha. 2005. “Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap

Volume Penjualan Pada PT Salama Nusantara.” Jurnal Teknik Informatika,

–30. http://eprints.uny.ac.id/7983/3/BAB 2-09409134007.pdf.

Guntur, Ahmad Fauzan. 2014. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume

Penjualan Gas Elpiji 3 Kg Pada PT. Putra Sinbar Gas Di Kabupaten Sinjai.”

Hidayat, Rahmat, and Ricky Rahmat. 2018. “Analisis Swot Sebagai Dasar

Keputusan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Server Pulsa Di Kota Batam

(Studi Kasus Pada Cv. Star Pratama).” Journal of Applied Business

Administration 2 (1): 94–108. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.745.

Hutama, Christanto Leoma. 2014. “Analisa Pengaruh Dining Experience

Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai

Variabel Intervening.” Jurnal Manajemen Pemasaran 2 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun