PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK UMKM DI E-COMMERCE (STUDY KASUS PENGGUNA E-COMMERCE YANG BERMINAT MEMBELI PRODUK UMKM DI KOTA MADIUN)

Syandhi Yudha Pratama, Diyah Santi Hariyani, Dian Citaningtyas ari Kadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap minat beli produk UMKM di e-commerce. Sample yang diperoleh 100 responden, teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling, yaitu pemilihan sample dengan kriteria tertentu. Sample pada penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah membeli dan berminat untuk membeli produk UMKM di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan alat analisis data yaitu SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial gaya hidup (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kepercayaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Persepsi resiko (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kemudahan (X4) berpengaruh terhadap minat beli. Harga (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik harga maka semakin meningkatkan minat beli

Full Text:

PDF

References


Annisa, D. and Suyanto, A. (2019) ‘Pengaruh gaya hidup terhadap minat beli pada konsumen &’, e-Proceeding of Management, 6(1), pp. 341–348.

Astuti, Miguna. Matondang, N. (2020) Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Edited by R. H. M. Meutia. Yogyakarta. Available at: https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-manajemen-pemasaran-umkm/.

Bakti, Umar. Alie, S. M. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung’, Ekonomi, Jurnal Borobudur, Universitas, 22.

Budiarto. R, D. (2015) PENGEMBANGAN UMKM: ANTARA KONSEPTUAL DAN PENGALAMAN PRAKTIS. Edited by Nanik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dwi, A. F. (2011) ‘Studi Mengenai Persepsi Resiko (Perceived Risk) Terhadap Minat Beli Online Shopping (Kasus Pada Toko Online Www.Kaskus.Com)’, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(2), pp. 111–127. doi: 10.14710/jspi.v10i3.270.

Faradillah, N. R., Susilawati, I. R. and Widyarini, I. (2014) ‘… Risiko (Perceived Risk) Konsumen dalam Perilaku Belanja Daring Busana Muslim di Kalangan Mahasiswi Berhijab Trendi di Kota Malang Ditinjau dari Tipe …’, pp. 1–19. Available at: https://www.academia.edu/download/33193998/JURNAL_PERSEPSI_RISIKO_-PERCEIVED_RIK-_KONSUMEN_DALAM_PERILAKU_BELANJA_DARING_BUSANA_MUSLIM_DI_KALANGAN_MAHASISWI_BERHIJAB_TR.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun