PENGARUH TIGA DIMENSI KECERDASAN TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas PGRI Madiun)

Rizki Damayanti, Anggita Langgeng Wijaya, Puji Nurhayati

Abstract


Abstract

The purpose of the study was to determine whether there was an influence of intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence on students' ethical perceptions. The influence of intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence on students' ethical perceptions with love of money as a moderating variable. This research was conducted on accounting students of the Faculty of Economics and Business, PGRI Madiun University. The research sample is 102 respondents. The research method used is a quantitative approach with the help of the SPSS version 24 program. The results of this research are intellectual intelligence has an effect on students' ethical perceptions, emotional intelligence has no effect on students' ethical perceptions, spiritual intelligence has no effect on students' ethical perceptions, love of money cannot moderate intellectual intelligence on students' ethical perceptions, love of money cannot moderate emotional intelligence on students' ethical perceptions, love of money cannot moderate spiritual intelligence on students' ethical perceptions.

Keywords: Intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence, love of money, ethical perception

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa. Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa dengan love of money sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun. Sampel penelitian yakni 102 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil peneltian ini adalah kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa, kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa, love of money tidak dapat memoderasi kecerdasan intelektual terhadap persepsi etis mahasiswa, love of money tidak dapat memoderasi kecerdasan emosional terhadap persepsi etis mahasiswa, love of money tidak dapat memoderasi kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa.

Kata Kunci: Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, love of money, persepsi etis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agoes, S., & Ardana, C. (2014). Etika Bisnis dan Profesi Akuntansi Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Arifah, U. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan dan kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa mengenai profesi akuntan, dengan love of money sebagai variabel intervening: studi kasus mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di kota Semarang. UIN Walisongo.

Charismawati, C. D. (2011). Analisis Hubungan Antara Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi. http://eprints.undip.ac.id/29310/1/Jurnal_Celvia_Dhian_C.pdf

Dharmayanti, N. K. S. P., & Mimba, N. P. S. H. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Love of Money dan Moral Reasoning Pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 298(1), 242–257.

Esa, E., & Zahari, A. R. (2015). The Relationship Between Personal Traits And Accounting Students Perception On Ethics And Love Of Money : Case Of Malaysian Government-Linked University. Journal of Asian Business Strategyournal of Asian Business Strategy, 5(8), 174–182.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.1126/science.1158668

Goleman, D. (1998). Working With Emotional Intelligence. Bantam Dell.

Goleman, D. (2001). Working With Emotional Intelligence “Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi.” PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jackling, B., Cooper, B. J., Leung, P., & Dellaportas, S. (2007). Professional accounting bodies’ perceptions of ethical issues, causes of ethical failure and ethics education. Managerial Auditing Journal.

Lemrova, S., Reiterova, E., Fatenova, R., Lemr, K., & Tang, T. L. P. (2014). Money Is Power: Monetary Intelligence—Love of Money and Temptation of Materialism among Czech University Students. Journal of Business Ethics. https://doi.org/10.1007/s10551-013-1915-8

Mabil, A. N. (2019). Investigating effects of accounting ethics on quality of financial reporting of an organization: case of selected commercial banks in South Sudan. Mediterranean Journal of Social Sciences, 10(1), 177.

Mangiskar, L. (2019). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Love of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Etika profesi Akuntan (Studi Kasus Pada Universitas Swasta Jurusan Akuntansi Kota Semarang). Maksimum Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 9, 126–145.

Manuari, I. A. R., & Devi, N. L. N. S. (2020). Pengaruh Kecerdasan dan Love of Money terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana, 30(11), 2969–2982.

Ni, Putu, R., Luh, Kade, D., & I Made, Wianto, P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa S1 Akuntansi pada Universitas di Bali. Jurnal KRISNA; Kumpulan Riset Akuntansi, 9, 50–56.

Nikara, I. A. G. I. K., & Mimba, N. P. S. H. (2019). Pengaruh Love of Money, Machiavellian, Idealisme dan Religiusitas pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 26.1, 536–562. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p20

Pekdemir, I. M., & Turan, A. (2015). The Relationships Among Love of Money , Machiavellianism and Unethical Behavior. Canadian Social Science, 11(6), 48–59. https://doi.org/10.3968/7112

Rahayuningsih, A., Sulistyo, H., & Harjanto, S. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Atas Sikap Tidak Etis Akuntan Dengan Love of Money Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 2016. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/download/518/837

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). Pearson Education.

Saat, M. M., Porter, S., & Woodbine, G. (2009). Does Religiosity Influence Ethical Sensitivity? An Investigation On Malaysian Future Accountants. Malaysian Accounting Review, 8(2), 17–41.

Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7, 21–32. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357

Sapariyah, R. A., Setyorini, Y., & Dharma, A. B. (2016). Pengaruh Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi Keuangan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Paradigma, 13(02), 1–15.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis. Salemba Empat.

Sidartha, A. L. A. , Sujana, I. K. (2020). I Wayan Suartana 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia. Jurnal Akuntansi, 30(8), 2138–2151.

Singhapakdi, A., Vitell, S. J., Lee, D., Nisius, A. M., & Yu, G. B. (2012). The Influence of Love of Money and Religiosity on Ethical Decision-Making in Marketing. Journal of Business Ethics. https://doi.org/10.1007/s10551-012-1334-2

Sternberg, R. J., Conway, B. E., Ketron, J. L., & Bernstein, M. (1981). People’s conceptions of intelligence. Journal of Personality and Social Psychology, 41(1), 37–55. https://doi.org/10.1037/0022-3514.41.1.37

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryaningsih, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Tiga Dimensi Kecerdasan dan Locus of Control Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa dengan Locus Of Control sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Economic Education Analysis Journal, 8(3), 967–982. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35726

Tang, T. L.-P. (1992). The meaning of money revisited. Journal of Organizational Behavior, 197–202.

Tang, T. L. P., & Chen, Y. J. (2008). Intelligence Vs. Wisdom: The love of Money, Machiavellianism, and Unethical Behavior Across College Major and Gender. Journal of Business Ethics, 82(1), 1–26. https://doi.org/10.1007/s10551-007-9559-1

Tikolah, M. R., Triyuwono, I., & Ludigdo, H. U. (2006). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 1–25.

Tri Basuki, A. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uyar, A., Kuzey, C., Güngörmüs, A. H., & Alas, R. (2015). Influence Of Theory, Seniority, and Religiosity On The Ethical Awareness Of Accountants. Social Responsibility Journal, 11(3), 590–604. https://doi.org/10.1108/SRJ-06-2014-0073

Widyaningrum, A. (2014). Determinan Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi Dengan Love of Money Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7, 1–28.

Wijaya, C., & Sari, M. M. R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 28.2(2), 1116–1141. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i02.p13

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ: KECERDASAN SPIRITUAL. In Bandung: Mizan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun