Upaya bersepeda sebagai moda transportasi serta gaya hidup baru menjaga kebugaran jasmani

Andri Wahyu Utomo

Abstract


Bersepeda merupakan gaya hidup baru di era modern saat ini, dengan maraknya perkumpulan bersepeda atau tren saat ini gowes menjadi kegiatan aktifitas sehari-hari disetiap saat baik bepergian untuk bekerja, belanja, berkumpul, berkomunikasi bahkan menyalurkan hobi, perlunya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya beraktifitas olahraga guna menjaga serta meningkatkan kebugaran jasmani agar mendapatkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar untuk kemudian beraktifitas dengan baik, dalam pelaksanaannya diperlukan perencanaan program pelaksanaan kegiatan yang baik, salah satunya dengan menentukan frekuensi, intensitas dan waktu bersepeda, sebelum melaksanakan diharapkan masyarakat memahami pentingnya akan pemanasan (warming up) terlebih dahulu, kemudian setelah pelaksanaan harus melaksanakan pendinginan (cooling down) agar kondisi tubuh dapat terhindar dari cidera. Mempunyai ukuran tubuh baik yang sehat dan bugar adalah harapan manusia tepatnya di usia-usia yang produktif. Seseorang yang sehat, bugar tentu mampu beraktifitas kerja secara optimal dengan hasil yang terbaik.

Full Text:

PDF

References


Carmichael, Chris. Burke, E. R. (1996). Bugar Dengan Bersepeda (E. R. Carmichael, Chris. Burke, Ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Choudhary, R., Mondal, A., & Kaulgud, H. S. (2012). Emerging Frontiers in Technology for Rural Area (EFITRA) 2012 Proceedings published in. International Journal of Computer ApplicationsĀ®.

Frobose. (2009). Manfaat Bersepeda. Retrieved from Cyclingandhealth.com website: Cyclingandhealth.com

Heru Nurcahyo. (2008). Ilmu Kesehatan Jilid 2. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Irianto, D. P. (2000). Pendidikan Kebugaran Jasmani yang Efektif dan Aman (D. P. Irianto, Ed.). Yogyakarta: Lukman Offset.

Irianto, D. P. (2004). Bugar dan Sehat Dengan Olahraga (D. P. Irianto, Ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Mowen, john C., & Minor, M. (2002). Prilaku konsumen. In Organization. https://doi.org/10.1016/j.materresbull.2010.09.021

Nala. (2011). Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Universitas Udayana.

Sharkey, B. J. (2011). Kebugaran dan Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafido Persada.

Yuliarto, H. (2015). Latihan Fisik Dan Kekebalan Tubuh. MEDIKORA. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i1.4711


Refbacks

  • There are currently no refbacks.