Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bumi Dan Tata Surya Berbasis Virtual Reality Dengan A-Frame

Gilang Vernando, Inung Diah Kurniawati, Moch Yusuf Asyhari

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses yang terencana dan sengaja untuk mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan karakteristik siswa dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran siswa di SMP 11 Madiun mencakup berbagai mata pelajaran, termasuk IPA. Pada materi tata surya, guru dan pendidik menggunakan pembelajaran kurikulum merdeka dalam penyampaian materi tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan konsep pembelajaran yang lebih menarik bagi pembelajarannya. Hal tersebut pastinya akan membuat menjadi lebih bosan dan dapat mengurangi minat belajar siswa. Tujuan pengembangan media pembelajaran ini yaitu untuk membantu guru khususnya mata pelajaran IPA dan murid dalam melakukan pembelajaran. Media pembelajaran ini dibangun menggunakan HTML, CSS dan JS. Metode pengembangan sistem yang digunakan penelitian ini yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Teknik pengujian yang dilakukan yaitu menggunakan blackbox testing dan pengujian System Usability Scale (SUS). Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif bumi dan tata surya berbasis virtual reality yang membantu pihak guru dalam memberikan materi pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA dan murid dalam melakukan pembelajaran


References


Ahmad, N., Krisnanik, E., Rupilele, F. G. J., Muliawati, A., & Syamsiyah, N. (2022). Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. In Penerbit Widina (pp. 5–24). https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=LDxZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=pengertian+informasi&ots=TtvWyWjFsf&sig=6rTkAzi6J-czH1vZE9sCDQUvJr4%0Awww.penerbitwidina.com%0Ahttps://www.google.co.id/books/edition/Analisa_Perancangan_Sistem_Informasi_Ber/wSSFEAAA

Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3D di Sma. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2854

Fatma, S., Santosa, E. B., Rejekiningsih, T., & Suharno. (2022). Pembelajaran menyenangkan dengan virtual reality. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_menyenangkan_dengan_virtual/12yaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, Tuti, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hidayat, T. (2020). Seri Sains Tata Surya (S. Purwaningsih (ed.)). Alprin.

Khairunnisa, Nurhadi, Jatmiko, A. R., Legito, Saputra, E. A., Syafa’at, F., Surianto, D. F., Komalasari, R., Mukhlis, I. R., Sulistyowati, Lorosae, T. A., & Zain, N. N. L. E. (2023). Buku Ajar Logika & Algoritma (p. 149). https://www.google.co.id/books/edition/Logika_Algoritma_Pseudocode_Flowchart_da/g6sEEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=flowchart&pg=PA1&printsec=frontcover

Nur, S. (2022). Modul Pembelajaran Sistem Multimedia Menggunakan Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi (p. 31).

Pambudi, G. S., & Yudha, Y. P. (2023). Implementasi Aplikasi Virtual Reality Pemasaran Perumahan di Gstudio Berbasis Mobile. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/4318

Paramitha, A. (2020). Materi - 3 Diagram Use Case. Jurnal, 23. https://repository.unikom.ac.id/63829/1/Materi 3 - Usecase Diagram_.pdf

Purba, N. A., & Sihombing, V. T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V Sd Negeri 091281 Batu Iv. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 322–343. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1320

Rahmadani, E. L., Sulistiani, H., & Hamidy, F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus : Cucian Gading Putih). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.53

Ronaldo, M., & Pasha, D. (2021). Sistem Informasi Pengelolaan Data Santri Pondok Pesantren an-Ahl Berbasis Website. Telefortech, 2(1), 17–20.

Saputra, T., Aditya Dwi Angga S, Maulidin, S. M., Alfaridz, F., & Fadilah, M. R. (2024). Perancangan Sistem Aplikasi Pembelian di Tiktok Shop Dengan Menggunakan Software “Star UML” Use Case Diagram”Activity Diagram”Class Diagram”Normalisasi File”Ms.Access. 4(02), 802–811.

Sari, I. F. (2023). Irma fidya sari nim. 19591110. Jurnal, 17. https://e-theses.iaincurup.ac.id/5576/

Sari, R., & Utami, A. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak Beroriantasi Objek Menggunakan PHP. Penerbit ANDI.

Suryantara, I. G. N. (2024). Teknologi Imersif. PT.Elex Media Komputindo.

Wibowo, D. W., A, E. L., & Rismanto, R. (2021). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Menggunakan Aframe. Jurnal Teknik Ilmu Dan Aplikasi, 9(1), 62–67. https://doi.org/10.33795/jtia.v9i1.13

Wulandari, T. D., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2022). Keefektifan Pembelajaran Ipa Berbantuan Virtual Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP Di Abad 21: Review Artikel. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 106–115. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/1343%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/1343/855

Yuhefizar, Mooduto, H., & Hidayat, R. (2009). Cara Mudah Membangun Website Interaktif. PT.Elex Media Komputindo.

Zalukhu, A., Purba, S., Darma, D., Zalukhu1, A., Purba2, S., Darma3, D., Teknik Informatika, M., & Industri, F. T. (2023). Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart. Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 4(1), 61–70. https://ejurnal.istp.ac.id/index.php/jtii/article/view/351


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.