Rancang Bangun Media Pembelajaran Sejarah dengan Metode Resitasi Berbasis Android

Chandra Jaka Buana

Abstract


Pada SMP Negeri 1 Wonoasri masih menerapkan teknik tradisional pada pembelajaran Sejarah yakni ceramah, sesi tanya jawab, diskusi, serta tugas yang cenderung membosankan, sehingga terdapat siswa kurang maksimal memahami materi akibat kurangnya pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merancang dan membuat media pembelajaran Sejarah untuk SMPN 1 Wonoasri berbasis Android dengan metode resitasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini adalah metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan luaran berupa Media Pembelajaran Sejarah Dengan Metode Resitasi Berbasis Android Pada SMPN 1 Wonoasri. Media pembelajaran ini dirancang dan dibangun menggunakan metode Waterfall dan UML (Unified Modelling Language). Diagram pengembangan UML yang digunakan seperti Use case diagram, Activity diagram, Sequence diagram, Flowchart, dan menggunakan Adobe Animate CC untuk membangun media pembelajaran.

References


Aidid, E. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM.

Amirudin. (2023). Meode-Metode Mengajar Perspektif Al-Qur’an Hadist dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran PAI. Deepublish.

Baitu, M., & Pane, L. A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi atau Penugasan dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batu Atas. Jurnal Pendidikan Sejarah, VI(1), 48–62.

Baniah, S., Mardianto, & Mahariah. (2022). Pengaruh Metode Resitasi Aplikasi Faraid Berbasis Android dan Metode Resitasi Manual terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Research and Development Journal Of Education, 8(1), 402–416. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13851

Halawa, E., & Chrismastianto, I. A. W. (2021). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkakan Keterlibatan Aktif Siswa dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Sejarah Kelas X-IPS. KAIROS, 1(1), 54–78.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian dan Pengembangan: Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. CV Literasi Nusantara Abadi.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language), 6(1), 1–15. https://informatikamulawarman.files. wordpress.com/2011/10/01-jurnal- informatika-mulawarman-feb2011.pdf

Hidayat, R., Nurhidayat, M., & Laia, A. V. (2020). Pandak Tarikh Kesatria Jambi. CV Adanu Abimata.

Irshanto, A. B. (2021). Konfrontasi Indonesia-Malaysia Perspektif Buku Teks Sejarah. CV Azka Pustaka.

Julianto, S., & Setiawan, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online. Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan, 3(2), 11–25. https://journal.amikmahaputra.ac.id/in dex.php/JIT/article/view/56/48

Kasman, H. (2017). Perancangan Sistem Informasi Nilai Siswa Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 8, 2001–2013.

Khuluqo, I. El, & Istaryatiningtias. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. CV Feniks Muda Sejahtera.

Kristanto, T. (2020). Produksi Aplikasi Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Perangkat Mobile Dengan Sistem Operasi Android. Surakarta Informatic Journal (SIJ), 2(2), 35–43.

Kustiani, L., Andayani, E., Hariani, L. S., & Indawati, N. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Wawasan IPS: Sebagai Kajian dalam Pembentukan Sikap dan Nilai. Media Nusa Creative.

Lathifah, N. (2022). Cara Mudah Pembelajaran Akuntansi Dengan Metode Resitasi. Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Mulyana, F. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Senam Berbasis Aplikasi Android. CV Bayka Cendekia Indonesia.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nistrina, K., & Sahidah, L. (2022). Unified Modelling Language (UML) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru d SMK Marga Insan Kamil. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA Volume 04 Nomor 01, Juni, 17-23.

Perdana, Y., Parhamah, W. P., Faradila, N. F., & Alfarisi, R. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Karakteris Dengan Metode Pembelajaran Resitasi Berbasis Website Melalui Pembelajaran Sejarah di SMAN 9 Bandar Lampung. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 7(2), 121. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i2.11733

Prabowo, I. A., Wijayanto, H., Yudanto, B. W., & Nugroho, S. (2020). Pemrograman Mobile Berbasis Android (Teori, Latihan dan Tugas Mandiri). LPPM Udinus.

Prasetya, A. E. (2020). Aku Senang Belajar Sejarah. CV Beta Aksara.

Pratama, F., & Hidayat, A. (2022). Penerapan dan Posisi Mata Pelajaran Sejarah dalam Kurikulum Pendidikan Era Presiden SBY 2004-2014. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Volume 10 (1), 47-62.

Priyatna, A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Sejarah Jendral Sudirman Berbasis Multimedia Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), Februari, 57-62.

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, Yanti, Simarmata, J., Chamidah, D., Purba, D. S., & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rahma, A., Ashari, & Habib, M. (2021). Android Dan Masa Depan : Analisis Dampak Terhadap Pengguna. Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, Volume 1, No 1, Agustus, 12-21.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rengganis, A., Haruna, N. H., Sari, A. C., Sitopu, J. W., Brata, D. P. N., Gurning, K., Hasibuan, F. A., Chamidah, D., Karwanto, Muharlisiani, L. T., Martha, K., & Subakti, H. (2022). Penelitian dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Ristiana, D. (2022). Metode Pembelajaran. Lakeisha.

Rusli. (2023). Metode Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa. DOTPLUS Publisher.

Saputra, D., Haryani, Martias, Surniandari, A., & Widianto, K. (2021). Rancangan Bangun Aplikasi Pesamline (Pemesanan Ambulance Online) Berbasis Android. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas, Vol. 6, No. 2,Desember, 110-122.

Simatupang, J., & Sianturi, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada PO. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra Tech, Vol.3, No,2, 11-25.

Sugiyono. (2018). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryadi, A. (2022). Life Skill dalam Pembelajaran Sejarah. Lakeisha.

Tambak, S. (2016). Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-hikmah Vol. 13, No. 1, April, 30-51.

Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., Yusup, M., Inderawati, R., & Muqoddam, F (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). IAIN Madura Press.

Utamayasa, I. G. D. (2021). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. CV Jakad Media Publishing.

https://bee.telkomuniversity.ac.id/pengertian-flowchart-fungsi-jenis-simbol-dan-contohnya/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.